Judul Skripsi :
“Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pengguna Jasa Perpustakaan STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.”
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang Penelitian
Pada
era teknologi dan informasi yang modern seperti saat ini, kebutuhan masyarakat
terhadap informasi dan media edukasi merupakan hal penting dan menjadi
tantangan tersendiri bagi penyedia jasa informasi dan edukasi yang ada di
Indonesia. Lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi negeri yang bergerak di
bidang edukasi dan informasi juga tidak luput dari perkembangan teknologi
informasi yang cepat dan tuntutan untuk meningkatkan pelayanan di bidang
pendidikan. Hal tersebut membuat perguruan tinggi negeri pun meningkatkan
kinerjanya dalam hal pelayanan pendidikan dan informasi yang dibutuhkan
masyarakat khususnya insan akademik. Hal tersebut juga dapat memotivasi lembaga
perguruan tinggi negeri untuk melakukan transformasi struktur dan strategi
pengembangan sarana pendidikan agar dapat menjadi lembaga pendidikan yang
unggul dan terpecaya.
Pelayanan
merupakan suatu bentuk kegiatan sosial untuk membantu orang lain dan mempunyai
tujuan membangun kerja sama antar pihak dalam jangka panjang dengan prinsip
saling menguntungkan antar pihak terkait. Pelayanan yang bagus adalah pelayanan
yang dapat memahami keinginan dan kebutuhan konsumen serta berusaha untuk
memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Perguruan tinggi negeri juga harus
berupaya ikut serta meningkatkan kualitas layanan pendidikan mereka, karena
kualitas pelayanan pendidikan merupakan usaha yang dapat meningkatkan citra di
image konsumen khususnya mahasiswa.
Salah
satu unit jasa yang ada di perguruan tinggi negeri seperti STAIN Zawiyah Cot
Kala Langsa adalah jasa perpustakaan. Perpustakaan STAIN Zawiyah Cot Kala
Langsa merupakan suatu unit jasa yang memberikan jasa di bidang kepustakaan. Kebutuhan
konsumen khususnya mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan media edukasi
lainnya merupakan hal yang sulit untuk dipisahkan karena perpustakaan merupakan
salah satu sarana penunjang akademik yang dibutuhkan konsumen seperti
mahasiswa. Hampir semua insan akademik membutuhkan jasa perpustakaan untuk
menunjang aktivitasnya dalam menempuh pendidikan atau sebagai sarana untuk
mencari ilmu pengetahuan, sehingga sarana perpustakaan memang sangat dibutuhkan
oleh mahasiswa. Perpustakaan STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa sebagai salah satu
unit jasa di fakultas mempunyai harapan agar perpustakaan dapat menjadi pusat
informasi dan edukasi bagi mahasiswa.
Perpustakaan
STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa juga berupaya untuk meningkatkan kualitas
pelayanannya dari tahun ke tahun dengan memperbaiki sarana dan prasarana serta
berupaya menyediakan informasi yang terbaru dan semua itu dilakukan agar mahasiswa
puas dan mau berkunjung kembali.
Bila
perpustakaan STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa bisa mempertahankan citra positifnya
dipikiran mahasiswa serta mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan mahasiswa maka
tidak menutup kemungkinan bahwa mahasiswa akan kembali berkunjung dan
memberikan rekomendasi kepada orang lain agar mau berkunjung. Namun sebaliknya,
jika terjadi ketidakpuasan yang dirasakan mahasiswa, maka akan menimbulkan image
negative dan dapat membuat mahasiswa tidak mau berkunjung dan menimbulkan
berkembangnya informasi negatif di mahasiswa lain.
Memberikan
pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada mahasiswa bukanlah merupakan
hal mudah, sering juga ditemukan masalah pada pelaksanaan yang membuat
mahasiswa tidak nyaman. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang matang dan
fasilitas yang memadai agar tercipta kepuasan mahasiswa. Ada hubungan yang erat
antara kualitas pelayanan dengan kepuasan
mahasiswa. Kualitas pelayanan yang baik dapat membuat mahasiswa mau
berkunjung keperpustakaan STAIN Zawiyah
Cot Kala Langsa dan dari hubungan tersebut pengelola perpustakaan STAIN Zawiyah
Cot Kala Langsa dapat mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan mahasiswa, sehingga
pengelola perpustakaan STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa dapat meningkatkan hal-hal
yang dapat membuat mahasiswa senang atau puas terhadap pelayanan yang
diberikan.
Perpustakaan
STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa sendiri mempunyai beberapa pelayanan perpustakaan
yang ada di S1 dan pascasarjana, seperti perpustakaan sirkulasi untuk pelayanan
peminjaman buku dan perpustakaan untuk
mahasiswa yang ingin menyelesaikan skripsi. Adapun penelitian ini dilakukan di perpustakaan
di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Perpustakaan STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa merupakan salah satu
unit jasa pelayanan mahasiswa yang berkomitmen untuk menyediakan sarana dan fasilitas
media edukasi untuk menunjang kegiatan akademik.
Sementara
kerapian tata letak, kecepatan pelayanan dan perhatian atau keramahan staf juga
perlu mendapat perhatian pengelola perpustakaan karena faktor-faktor tersebut
dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa yang berkunjung.
Program-program pengelola perpustakaan
STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa yang diharapkan mahasiswa ada yang sudah terlaksana,
seperti layanan Hotspot yang dapat digunakan mahasiswa untuk mengakses
informasi melalui internet. Program lainnya adalah integrasi antara
perpustakaan reguler 2 dengan regular 1 sehingga dapat menambah koleksi media
edukasi dan membangun kebersamaan yang lebih erat antar mahasiswa.
Untuk mengetahui apakah
pengelola STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa sudah memberikan palayanan yang sesuai dengan
harapan mahasiswa, maka perlu dilakukan penelitian dengan judul “Pengaruh
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Perpustakaan STAIN Zawiyah
Cot Kala Langsa.”
1.2. Perumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang sudah
dijelaskan sebelumnya, permasalahan yang dihadapi oleh pengelola perpustakaan STAIN
Zawiyah Cot Kala Langsa adalah jumlah mahasiswa yang berkunjung mengalami
fluktuasi selama tahun 2012. Oleh karena itu, maka dapat dibuat beberapa
pertanyaan penelitian yaitu :
“Apakah
kualitas pelayanan berpengaruh terhadap
kepuasan pengguna perpustakaan STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa?”
1.3. Tujuan
Penelitian
Sesuai dengan latar belakang dan
rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah :
“Untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan STAIN Zawiyah Cot Kala
Langsa”.
1.4. Kegunaan
Penelitian
Adapun
manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah :
1.
Bagi
Mahasiswa
Penelitian
ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan informasi bagi mahasiswa seputar kualitas pelayanan perpustakaan
STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Penelitian ini juga dapat dijadikan untuk
penelitian mendatang tentang kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen di bidang
lain.
2.
Bagi
pengelola Perpustakaan STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa
Dapat
dijadikan dasar untuk membuat kebijakan dalam meningkatkan kinerja karyawan dan
kualitas pelayanan terhadap mahasiswa di masa mendatang. Hasil penelitian ini juga
dapat dijadikan pertimbangan bagi pengelola mengenai hal-hal yang harus mereka perbaiki
dan tingkatkan dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal kepada mahasiswa
sehingga tercipta kepuasan.
BAB II
STUDI KEPUSTAKAAN
2.1. Kerangka
Teoritis
2.1.1. Kualitas
Pelayanan
Definisi
kualitas pelayanan menurut J.Supranto (2006:228) adalah “sebuah kata yang bagi
penyedia jasa merupakan sesuatu yang harus dikerjakan dengan baik”.
Definisi
pelayanan menurut Gronroos (2005:2) adalah “suatu aktivitas atau serangkaian aktivitas
yang bersifat tidak kasat mata yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi antara
konsumen dengan karyawan atau hal-hal lain yang disediakan oleh perusahaan pemberi
pelayanan yang dimaksud untuk memecahkan permasalahan konsumen/pelanggan”.
Dari
definisi di atas adalah bahwa dapat diketahui ciri pokok pelayanan adalah tidak
kasat mata dan melibatkan upaya manusia atau peralatan lain yang disediakan
oleh perusahaan penyelenggara pelayanan.
Dalam
pelayanan publik yang diselenggarakan oleh swasta, adaptabilitas pelayanan
sangat tinggi. Penyelenggara pelayanan selalu berusaha untuk merespon keinginan
pengguna karena posisi tawar pengguna yang sangat tinggi. Apabila keinginan pengguna
tidak direspon, maka pengguna akan beralih kepada penyelenggara pelayanan yang
lain. Dengan demikian sifat pelayanan adalah pelayanan yang dikendalikan oleh
pengguna.
Mohon maaf, berhubung skripsi ini tidak untuk di publikasikan semuanya dan untuk mendapatkan lebih lengkap Isi dari SKRIPSI ini, silakan hubungi Admin di :
Email : tarmizi.abdulgani@gmail.com
Handphone : +6285270052178
Terima Kasih Atas Pengertiannya.
Wassalam
Terima Kasih Atas Pengertiannya.
Wassalam
0 comments:
Posting Komentar