LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM
ACTION RESEARCH)
BAGIAN AWAL
1.
Halaman judul
2.
Halaman Pengesahan
Minimal yang harus mengesahkan
karya tulis ilmiah hasil penelitian ini adalah kepala sekolah dan kepala bagian
perpustakaan sekolah yang bersangkutan.
3.
Abstrak
Pada bagian ini dituliskan
dengan ringkas dan jelas hal-hal pokok tentang (a) permasalahan khususnya
rumusan masalah, (b) tujuan penelitian, (c) prosedur pelaksanaan PTk dan (d)
hasil penelitian
.
4.
Kata Pengantar
5.
Daftar Isi dan lampiran-lampiran
BAGIAN ISI:
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang (diskripsi
masalah, data awal yang mendukung adanya masalah dan akar timbulnya masalah
dengan menunjukkan pada lokasi penelitian dan waktu serta penjelasan pentingnya
masalah itu dipecahkan).
B. Rumusan Masalah (diharapkan kalimat Tanya(
C. Tujuan Penelitian; (sesuaikan dengan rumusan
masalah)
D. Manfaat Penelitian;
(sesuaikan dengan apa yang direncanakan pada proposal, namun peneliti dapat
mengembangkan)
BAB II : LANDASAN TEORI
Kemukakan teori dan pustaka
yang relevan, dan memberi arah serta
petunjuk pada pelaksanaan PTK. Diperlukan adanya usaha untuk membangun
argumentasi teoritis yang menunjukkan bahwa tindakan yang diberikan
dimungkinkan dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelas. Pada akhir
bab ini dapat dikemukakan hipotesis tindakan. Uraian pada bab ini harus lebih
lengkap dan rinci dibanding dengan uraian yang ada pada bab yang sama di usulan
penelitian.
BAB III : METODE PENELITIAN
Deskripsikan tiap siklus
penelitian yang memuat: rencana, pelaksanaan/tindakan, pemantauan dan evaluasi
beserta jenis instrument yang digunakan, dan cara refleksi. (perlu dibedakan
pada usulan, isi apa yang akan dilaksanakan, sedang pada laporan berisi apa
yang sudah dilaksanakan). Pada tiap siklus harus dikemukakan tindakan secara
jelas, serta semua jenis instrumen yang
digunakan untuk pengumpulan data. Tindakan yang dilakukan bersifat rasional,
feasible serta collaborative.
BAB IV : HASIL PENELITIAN
DAN PEMBAHASAN
Menyajikan uraian
masing-masing siklus dengan data lengkap, menyangkut berbagai aspek yang
terjadi akibat tindakan yang dilakukan. Tunjukkan adanya perbedaan tindakan
dengan kegiatan pelajaran yang biasa atau sering dilakukan. Pada refleksi
diakhir setiap siklus berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan grafik, dan
kelemahan yang terjadi. Kemukakan ada perubahan/ kemajuan/ perbaikan yang
terjadi pada diri siswa, lingkungan kelas, guru sendiri, motivasi/minat
belajar, dan hasil belajar. Kemukakan hasil dari keseluruhan siklus ke dalam ringkasan
untuk bahan dasar analisis dan pembahasan. Bahan/data tersebut ditulis dalam
bentuk tabel atau bagan sehingga akan memperjelas adanya perubahan yang terjadi
disertai pembahasan secara sistematik dan jelas.
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Sajikan simpulan hasil
penelitian (potret kemajuan) sesuai dengan tujuan/masalah penelitian yang telah
disampaikan sebelumnya. Berikan saran tindak lanjut berdasarkan simpulan yang
diperoleh baik yang menyengkut segi positif maupun negatifnya.
DAFTAR PUSTAKA
Memuat semua sumber pustaka
yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan system yang telah dibakukan
secara konsisten.
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Berisi rancangan materi/bahan
ajar, semua instrument penelitian, sampel jawaban siswa, dokumen/foto kegiatan,
ijin penelitian, serta bukti lain yang dipandang perlu.
LAPORAN PENELITIAN
DESKRIPTIF
BAGIAN AWAL
1.
Halaman judul
2.
Halaman Pengesahan
3.
Abstrak
4.
Kata Pengantar
5.
Daftar Isi dan lampiran-lampiran
BAGIAN ISI:
BAB I : PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang: berisi uraian tentang
kondisi lapangan disertai deskripsi masalahnya, dengan dukungan data awal yang
memperjelas adanya masalah. Untuk memecahkan masalah diperlukan tindakan
tertentu yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran atau memecahkan
masalah yang dihadapi.
B. Rumusan
Masalah (sebaiknya kalimat tanya): misalnya: (1) Bagaimanakah sikap/penerimaan
siswa terhadap penggunaan metode
pembelajaran Diskoveri; (2) Sejauh mana peningkatan keaktifan siswa setelah
dilakukan pembagian kelompok belajar di kelasnya?; (3) Sejauh mana hubungan
antara sikap/penerimaan siswa terhadap
penggunaan metode pembelajaran Diskoveri dengan peningkatan prestasi
hasil belajar.
C. Tujuan Penelitian: (sesuaikan dengan rumusan
masalah)
D.Manfaat Penelitian: (sesuaikan dengan apa yang
direncanakan pada proposal, namun
peneliti dapat mengembangkan)
BAB II : LANDASAN TEORI
Kemukakan teori dan pustaka
yang relevan dengan permasalahan dan pemecahan masalah/tindakan yang dilakukan.
Dengan demikian diperlukan teori yang mendukung argumentasi teoritis yang
menunjukkan bahwa dengan pemecahan masalah/tindakan yang diberikan dimungkinkan
dapat berpengaruh positif terhadap hasil/mutu proses pembelajaran pada mata
ajaran tertentu. Bila diperlukan pada akhir bab 2 ini dapat dikemukakan
hipotesis yang akan diuji melalui penelitian ini.
BAB III : METODE PENELITIAN
Deskripsikan upaya pemecahan
masalah atau tindakan yang yang telah dilakukan untuk meningkatkan mutu
pembelajaran dalam rangka penelitian, yang memuat: Subyek penelitian, langkah-langkah atau prosedur penelitian, metode
pengumpulan data dan jenis instrumen penelitian yang akan digunakan dan syarat
validitas dan reliabilitasnya, serta teknik analisis datanya. Untuk penelitian
deskriptif yang dikaitkan dengan tingkat hubungan antar variabel maka juga
harus disesuaikan teknik pengujian hipotesis dan analisis datanya.
BAB IV : HASIL PENELITIAN
DAN PEMBAHASAN
Berikan gambaran tentang
subyek penelitian dengan disertai kondisi nyata pada kelas tempat penelitian
berlangsung. Kemukakan adanya perubahan yang terjadi pada diri siswa,
lingkungan kelas, guru sendiri, motivasi/minat belajar, dan hasil belajar atas
tindakan atau upaya yang dilakukan untuk memecahkan masalah atau meningkatkan
mutu pembelajaran. Data dapat disajikan dalam bentuk narasi/uraian, tabel atau
bagan Sajikan data hasil penelitian untuk setiap kelompok sebagai dasar
analisis dengan beberapa keterangan yang relevan. Kemukakan hasil pengolahan
atau analisis data hasil penelitian. Tunjukkan bahwa dengan upaya pemecahan
masalah atau tindakan tersebut terjadi perubahan yang diharapkan. Pada
kesimpulan untuk anلlisis yang dilakukan secara
statistik, apabila telah membuktikan
kebenaran hipotesis atau adanya hubungan maka dilanjutkan dengan pemaknaan atas
hasil yang diperoleh tersebut. Pada pembahasan berikan kejelasan yang memperkuat
dari hasil analisisnya, dengan memberikan berbagai argumentasi logis yang
mendukung..
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Sajikan kesimpulan hasil
penelitian sesuai dengan tujuan/masalah
penelitian yang telah disampaikan sebelumnya serta dengan mendasarkan hasil
analisis yang diperoleh.pada bab IV. Berikan saran dan tindak lanjut
berdasarkan kesimpulan yang diperoleh baik yang menyangkut segi positif maupun
negatifnya.
DAFTAR PUSTAKA
Memuat semua sumber pustaka
yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan sistem yang telah dibakukan
secara konsisten.
Lampiran-lampiran :
Lampiran berisi semua
instrumen yang digunakan (pedoman wawancara, pedoman observasi, angket, test
hasil belajar dll), contoh hasil kerja
siswa, data hasil penelitian, print-out
analisis, daftar hadir, ijin penelitian, serta bukti lain yang dipandang perlu.
LAPORAN PENELITIAN
EKSPERIMEN
BAGIAN AWAL
1.
Halaman judul
2.
Halaman Pengesahan
3.
Abstrak
4.
Kata Pengantar
5.
Daftar Isi dan lampiran-lampiran
BAGIAN ISI:
BAB I : PENDAHULUAN
A.Latar Belakang berisi uraian tentang kondisi lapangan disertai diskripsi masalahnya, dengan
dukungan data awal yang memperjelas adanya masalah. Untuk memecahkan masalah
diperlukan tindakan/treatment dengan metode baru yang akan diujicobakan. Di
samping itu ditunjukkan kebiasaan bahwa
metode yang dilakukan dalam proses pembelajaran kurang berhasil . Diyakini
bahwa dengan metode baru itu berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
B. Rumusan Masalah
(diharapkan kalimat Tanya): Misalnya: (1) Adakah perbedaan kemampuan matematika
antara siswa yang diajar dengan metode pemecahan soal dibanding dengan yang
diajar dengan metode pemahaman konsep.(2) Adakah hubungan antara sikap terhadap
metode dengan kemampuan matematika?
C. Tujuan Penelitian; (sesuaikan dengan rumusan
masalah)
D. Manfaat Penelitian;
(sesuaikan dengan apa yang direncanakan pada proposal, namun peneliti dapat
mengembangkan).
BAB II : LANDASAN TEORI
Kemukakan teori dan pustaka
yang relevan dengan variabel independent (bebas jaitu variabel tindakan) dan
variabel dependent (terikat, tergantung), dan menjelaskan kaitan antara kedua
variabel itu. Diperlukan adanya usaha
membangun argumentasi teoritis yang menunjukkan bahwa dengan tindakan
yang diberikan dimungkinkan dapat berpengaruh positif terhadap hasil/mutu
proses pembelajaran pada mata ajaran tertentu. Untuk itu perlu diuraikan secara
rinci keterkaitan antara variabel yang dijadikan sasaran penelitian secara
jelas, baik variabel dependen maupun independennya. Kemukakan kerangka berpikir/alur
yang logis shingga mampu memberikan gambaran bahwa perlakuan dengan
metode/teknik/cara baru yang akan dilakukan dapat menghasilkan dampak yang
lebih baik dari pada metode/teknik/cara lain atau yang selama ini digunakan.
Pada bagian akhir perlu dikemukakan hipotesis yang akan diuji melalui
penelitian eksperimen ini.
BAB III : METODE PENELITIAN
Deskripsikan desain/pola
eksperimen/perlakuan dalam rangka penelitian yang memuat: Subyek
penelitian, langkah-langkah atau
prosedur penelitian dimulai dari perencanaan untuk menentukan kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol, menentukan pelaksanaan tindakan/treatment,
materi dan metode yang akan dikenakan
pada kedua kelompok tersebut, cara
mengatasi kesesatan, sehingga tidak akan mempengaruhi hasil, waktu pelaksanaan
eksperimen. Jenis instrumen penelitian yang akan digunakan dan syarat validitas
dan reliabilitasnya, serta teknik analisis datanya. Eksperimen yang dilakukan
harus bersifat rasional, dan feasible.
BAB IV : HASIL PENELITIAN
DAN PEMBAHASAN
Berikan gambaran tentang
subyek penelitian dengan disertai kondisi riil dari setiap kelompok (eksperimen
dan kontrol) selama eksprimen berlangsung. Kemukakan adanya perubahan yang
terjadi pada diri siswa, lingkungan kelas, guru sendiri, motivasi/minat
belajar, dan hasil belajar atas perlakuan yang dikenakan pada kelompok
eksperimen Data dapat disajikan dalam bentuk narasi/uraian, tabel atau bagan
Sajikan data hasil penelitian untuk setiap kelompok sebagai dasar analisis
dengan beberapa keterangan yang relevan. Kemukakan hasil pengolahan atau
analisis data hasil eksperimen.. Tunjukkan adanya perbedaan antara hasil
tindakan pada kelompok eksperimen (dengan metode A) dengan kelompok kontrol
(dengan metode B). Pada kesimpulan hasil analisis bila secara statistik bila telah membuktikan
adanya perbedaan hasil antara keduanya, berarti hasil metode yang satu lebih baik daripada metode lainnya. Pada
pembahasan berikan kejelasan yang memperkuat dari hasil analisisnya, dengan
memberikan berbagai argumentasi logis yang mendukung..
BAB V : SIMPULAN DAN SARAN
Sajikan simpulan hasil
penelitian sesuai dengan tujuan/masalah
penelitian yang telah disampaikan sebelumnya serta dengan mendasarkan hasil
analisis yang diperoleh.pada bab IV
Berikan saran dan tindak
lanjut berdasarkan simpulan yang diperoleh baik yang menyangkut segi positif
maupun negatifnya.
DAFTAR PUSTAKA
Memuat semua sumber pustaka
yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan sistem yang telah dibakukan
secara konsisten.
Lampiran-lampiran:
Lampiran berisi semua instrumen yang digunakan (pedoman wawancara, pedoman observasi,
angket, test hasil belajar dll), contoh
hasil kerja siswa, data hasil penelitian,
print-out analisis, daftar hadir, ijin penelitian, serta bukti lain yang
dipandang perlu.
0 comments:
Posting Komentar