-->

SILABUS Hasil PPL Tingkat SMP

Posted by Sarjana Ekonomi on Jumat, 04 Mei 2012



Sekolah                                  : SMP Negeri ... Langsa
Kelas                                       : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Semester                              : 1 (Satu)

Standar Kompetensi           : Mendengar
1.       Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam  konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur; meminta dan member kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan







Percapakan memuat ungkapan-ungkapan berikut :
A.   Are you sure?
B.   I am, It is confirmed

A.     Well… I am not sure
B.     Don’t worry
1.   Tanya jawab yang berkaitan dengan ungkapan meminta dan member kepastian, mengungkapkan dan menanggapi keraguan menggunakan gambit-gambit yang relevan.
Contoh :
Kepastian :
-        Of course I




-        I certainly



Keraguan:
-        I don’t know
-        I can’t decide
2.   Mendengarkan percakapan yang berkaitan dengan
·   Merespon ungkapan meminta dan member kepastian


·   Merespon ungkapan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
Tes lisan






Tes tertulis
Pertanyaan






Pilihan ganda
-      Respond the teacher’s statement!
T: “Are you sure?
S:”……”


-      Choose the correct expression to complete the dialogue below

-      Complete the dialogue according to the conversation!
2 X 40 Menit
1.   Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)


2.   Script percakapan
3.   Buku teks yang relevan




Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen








materi
3.   Mengindentifikasikan gambit-gambit yang digunakan dalam percakapan
4.   Menjawab percakapan yang berkaitan dengan percakapan yang didengarkan









Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
1.2  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman


Percapakan memuat ungkapan berikut :

I beg your pardon?/Pardon?

A.     I’ve got good news!
B.     Tell me more about it.

A.     What a beautiful day!
B.     It is. Shall we go to the beach?
1.     Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema / topic dan ungkapan terkait materi.
2.     Mengembangkan kosa kata terkait tema / topic yang dipilih.
3.     Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
4.     Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi
5.     Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
6.     Merespon ungkapan yang diucapkan guru.
·    Merespon ungkapan meminta pengulangan

·    Merespon ungkapan menunjukkan perhatian

·    Merespon ungkapan menyatakan kegaguman
Tes tulis
Isian singkat
Listen to the dialogue and complete the sentences
2 X 40 Menit
1.     Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)

2.   Script percakapan Buku teks yang relevan





Standar Kompetensi : Mendengarkan
2.       Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancer, dan berterima untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


-     Teks fungsional/ pendek
-     Pesan singkat
-     Iklan
-     pengumuman
1.     Tanya jawab tentang berbagai hal terkait dengan jenis teks fungsional yang akan dibahas dengan bantuan contoh / model.
2.     Membahas tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasan teks fungsional pendek terkait tema / topic tertentu.
3.     Mendengarkan teks fungsional pendek terkait tema / topic tertentu.
4.     Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan

·    Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek: pesan singkat, iklan dan pengumuman



·    Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks-teks fungsional/pendek, pesan singkat, iklan, pengumuman
Tes tulis
Isian singkat
Listen to the text and complete the sentences.
2 X 40 Menit
1.  Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)

2.   Teks-teks otentik berbentuk prosedur (missal, resep-resep masakan, manual)

3.   Buku teks yang relevan

2.2  Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Teks monolog berbentuk procedure dan report
1.     Tanya jawab yang berkaitan dengan tema tertentu, misalnya photography
2.     Membahas langkah-langkah retorika berbentuk procedure/report dengan menggunakan ungkapan-ungkapan giving and demanding service
3.     Mendengarkan rekaman teks monolog berbentuk procedure/report
4.     Menjawab pertanyaan yang
·    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog pendek berbentuk procedure/report
·    Mengidentifikasikan langkah retorika dalma teks monolog berbentuk procedure/report
·    Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks monolog berbentuk procedure/report
Tes lisan




Tes lisan
Unjuk kerja




Pilihan ganda




Melengkapi kalimat rumpang
·     Demonstrate how to operate a digital camera!
The teacher will read the instruction for you

·     Choose the correct answer.
Listen carefully!
·     Complete the sentences!
2 X 40 Menit
1.  Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)

2.   Teks monolog berbentuk prosedur

3.   Teks-teks otentik berbentuk prosedur (missal, resep-resep masakan, manual)



Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen


berkaitan dengan teks monolog procedure/report yang didengarkan










Standar Kompetensi : Berbicara
3.        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1  mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dalam menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan


Percapakan singkat memuat ungkapan-ungkapan:

A.     Are you sure?
B.     I am, It is confirmed

A.     Well… I am not sure
B.     Don’t worry
1.  Tanya jawab menggali kosa kata terkait topik / tema yang dipelajari.
2.  Jawab / merespon ungkapan-ungkapan terkait materi.
3.  Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan yang telah dipelajari.
4.  Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
5.  Melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan
·   Bertanya dan menjawab tentang meminta dan memberi kepastian

·   Bertanya dan menjawab tentang  mengungkapkan dan menanggapi keraguan
Tes lisan







Performance







Create a dialogue based on the given situation and performan it in front of the class!
2 X 40 Menit
1.   Buku teks yang relevan

2.   Gambar-gambar terkait tema

3.   Benda-benda sekitar

3.2     mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur : meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
1.  Tanya jawab menggali kosa kata terkait topik / tema yang dipelajari.
2.  Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.
3.  Mendengarkan percakapan menggunakan ungkapan terkait.
4.  Menjawab pertanyaan tentang percakapan

5.  Bermain peran melakukan percakapan

·    Bertanya dan menjawab tentang meminta pengulangan
·    Bertanya dan menjawab menunjukkan perhatian
·    Bertanya dan menjawab tentang menyatakan kekaguman
Percakapan singkat memuat ungkapan berikut :

I beg your pardon?/Pardon?

A.     I’ve got good news!
B.     Tell me more about it.

A.     What a beautiful day!
B.     It is. Shall we go to the beach?
Tes lisan

Bermain peran
Create a dialogue based on the role cards and performan it in front of the class!
2 X 40 Menit
1.  Buku teks yang relevan

2.  Gambar-gambar terkait tema

3.  Benda-benda sekitar





Standar Kompetensi : Berbicara
4.        Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
DASAR

Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

·    Teks fungsional/ pendek
·    Pesan singkat
·    Iklan
·    pengumuman
1.  Tanya jawab tentang berbagai hail terkait jenis teks fungsional pendek yang akan dibahas.
2.  Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks
3.  Membuat daftar jenis teks fungsional:
-   Pengumuman
-   Pesan singkat
-   Iklan

4.  Menyampaikan secara lisan:
-   Pengumuman
-   Pesan singkat
-   Iklan


·    Menyampaikan pengumuman
·    Menyampaikan pesan singkat
·    Mempromasikan (mengiklankan sesuatu)
Tes lisan

Performance


2 X 40 Menit
1.  Buku teks yang relevan

2.  Gambar-gambar terkait tema

3.  Benda-benda electronik

4.  Ruang multi media

4.2     Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report.
Teks monolog berbentuk procedure dan report
1.  Tanya jawab tentang salah satu alat multu media (HP, computer, Tv, radio)
2.  Membuat kalimat pe rintah/pertanyaan berdasarkan gambarkegiatan Misal:
-   Press the menu button
-   Sellect the numberof contact
3.  Tanya jawab tentang cara mengeperasikannya (how to make a call, how to operate computer, dsb) menggunakan gampit-gampit tertentu
·    Melakukan monolog pendek dalam bentuk
·  Procedure/report
Tes lisan
Performance

4 X 40 Menit
1.  Buku teks yang relevan

2.  Gambar-gambar yang terkait tema

3.  Benda-benda electronik

4.  Ruang multi media



Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen



-   Can you shw me...
-   Sure/ I’m not sure
-   Let me show you.First..., then..., finlly.
-   Pengumuman
-   Pesan singkat
-   Iklan
4.    Melakukan monolog dalam bentuk procedure/report dengan bantuan gambar/urutan kegiatan bantuan






















Standar  Kompetensi : Membaca
5.        Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana  berbentuk procedure dan report untuk brinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
5.1  Merespon makna dan langkaah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan brterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
·    Teks monolog procedure/report
·    Makna gagasan teks procedure
·    Informasi factual
·    Informasi rinci
·    Informasi tersirat dalam teks procedure dan report
·    Tujuan komunikatif teks procedure dan alat
·    Langkah retorika
-   Teks procedure (purpose material-steps)
-   Teks report (identifikasion-dicrition)
1.  Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema/topic yang dipilih
2.  Mengembangkan kosa katadan kalimat terkait tema terkait topic/jenis teks procedure
3.  Tanya jawab tentang cara mengerjakan/membuat sesuatu
4.  Membaca teks prosedur
5.   Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi dalam teks prosedur
-   Tujuan komunikatif
-   Nahan yang d perlukan
-   Cara melakukan membuat sesuatu
-   Langkh retorika teks procedure/report ort
-   Ciri kebahasan teks  prosedur
6.  Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat

·    Mengidenfikasikan makna gagasan dalam teks berbentuk procedure dan report
·    Mengidentifikasi kan berbagai informasiyg terdapat dalam teks berbentuk procedure dan report
·    Mengidenfikasikan tujuan komunikatif teks berbentuk procedure/ report
·    Mengidenfikasi langkah retorika dalam bentuk teks berbentuk procedure/ report
·    Membaca nyaring teks berbentu procedure/ report
Tes lisan




Tes lisan
Pertanyaan Bacaan



Membaca nyaring
Answer the following question based on the text


Read the text aloud
4 X 40 Menit
1.  Buku teks yang relevan

2.  Contoh teks fungsional:

-      Iklan
-      Pengumuman
-      Pesan sinkat

3.  Gambar yang relavan
4.  G
5.  Realia

6.  CD

7.  CD player

8.  TV










Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
 5.2.Merespon makna yang     terdapat dalam teks  tulis fungsiona;l pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untukberinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.3.Membaca nyaring bermakna  teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedur dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
·  Makna gagasan dan tektual dalam teks fungsional/ pengumuman, iklan dan pesan singkat

·  Ciri kebahasan teks fungsional pegumuman
1.     Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema/topic/jenis teks yang akan di baca.
2.    Membahas kosa kata dan ungkapan yang di gunakan dalm teks yang akan dibaca
3.    Membaca teks fungsional pendek
4.    Menjawab pertanyaan tentangisi teks
5.    Menyebutkan jenis teks yang dibaca dan tujuan komunicativenya.
6.    Menyebutkan ciri kebahasaan teks  yang dibaca
7.    Membaca nyaring
· Mengidenfikasikan makna yang terdapat teks  funsional
pendek;
pengumuman,iklan,pesan singkat

· Mengidenfikasikan ciri kebahasan teksfungsional pendek, pengumuman
Tes Tulis




Tes Tulis


Tes Tulis

1.  Pilihan ganda



2. Isi Singkat


3. Membaca nyaring

Choose the best option, a, b, c dan d based on the text.

Complete the sentence based on the text.
Read text aloud
2 x 40 menit
1.  Buku teks yang relevan
2.  Contoh teks fungsional:
-   Iklan
-   Pengumuman
-   Pesan singkat

3.  Gambar yag relavan











Standar Kompetensi: Menulis
6.  Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
DASAR

Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
6.1  Mengungkapkan makna dalam dalam bnetuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

·    Kalimat sederhana
-   Imperative
-   Simple present

·    Teks fungsional pendek:
1.  Iklan
2.  Surat pribadi
1.  Tanya jawab tentang berbagai hal terkaittema/topic/jenis teks yang akan dibahas.
2.  Menagmati contoh-contoh teks fungsional pendek terkait materi.
3.  Menyebutkan ciri-ciri, tujuan komunikatif dari teks
4.  Menulis kalimat teks sederhana menggunakan unsur bahasa yang diperlukan.
5.  Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks


·    Menulis kalimat pendek dan sederhana



·    Menulis teks fungsional pendek dan sederhana
Tes lisan

Uraian

1.  Writiesimple sentences based on the picture given.
2.  Write an advertisement based on the  picture
3.  Write a letter to your uncle telling him that you want to spend holiday in his town
4 X 40 Menit
1.  Buku teks yang relevan

2.  Buku resep bahasa inggris


3.  Gambar-gambar tentang cara-caramelakukan/membuat sesuatu.


4.  Gambar terkait tema

5.  Realla


6.2     Mengungkapkan maknadan lanngkah dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report.
·    Kalimat acak dari teks
Procedure/report
1.  Review berbagai hal tentang teks procedure
-   Tujuan komunikatif
-   Langkah retorika
-   Ciri

2.  Mengembangkan kosa kata dan kalimat berkait topic/jenis teks prosedure
3.  Menyusun kalimat acak berdasarkan
·    Menyusun kalimat acak menjadi teks yang padu berbentuk procedur/report



·    Menulis essay berbentuk procedure
Tes lisan





Tes lisan
Menyusun kalimat




Uraian
Rearrange the following jumbled sentences in a good order.

Write a procedure
Text telling how to operate 8 computer

Write a report on a certain kind of thing or place around you.
4 X 40 Menit
1.  Buku teks yang relevan

2.  Buku resep bahasa inggris

3.  Gambar-gambar tentang cara-caramelakukan/membuat sesuatu.

4.  Gambar terkait tema

5.  Realla


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen



urutan gambar
4.  Menulis teks procedure berdasarkan perintah yang di berikan.


















SMP NEGERI ....... Langsa
Kepala Sekolah




...................................
Nip: .......................................



Guru Pamong




..............................
Nip......................


 
NB :
Ini Contoh Silabus Hasil PPL Tingkat SMP
Silakan di CopAS and di edit sesuai kriteria penulisan Silabus pada Universitas/ Kampus Masing2 seluruh Indonesia
PPL




....................................
Nim : .........................







Previous
« Prev Post

Related Posts

Jumat, Mei 04, 2012

0 comments:

Posting Komentar