Sekolah : SMP Negeri ... Langsa
Kelas : IX
(Sembilan)
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Mendengar
1. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana
untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur; meminta dan member kepastian, serta mengungkapkan
dan menanggapi keraguan
|
Percapakan memuat ungkapan-ungkapan
berikut :
A.
Are you sure?
B.
I am, It is confirmed
A.
Well… I am not sure
B.
Don’t worry
|
1.
Tanya jawab yang
berkaitan dengan ungkapan meminta dan member kepastian, mengungkapkan dan
menanggapi keraguan menggunakan gambit-gambit yang relevan.
Contoh :
Kepastian :
-
Of course I
-
I certainly
Keraguan:
-
I don’t know
-
I can’t decide
2.
Mendengarkan percakapan
yang berkaitan dengan
|
· Merespon ungkapan meminta dan member kepastian
· Merespon ungkapan mengungkapkan dan menanggapi
keraguan
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Pertanyaan
Pilihan ganda
|
-
Respond the teacher’s statement!
T: “Are you
sure?
S:”……”
-
Choose the correct expression to complete the
dialogue below
-
Complete the dialogue according to the conversation!
|
2 X 40 Menit
|
1.
Bahan-bahan
rekaman (cassette, CD, VCD)
2.
Script
percakapan
3.
Buku teks yang
relevan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
|
|
materi
3.
Mengindentifikasikan
gambit-gambit yang digunakan dalam percakapan
4.
Menjawab
percakapan yang berkaitan dengan percakapan yang didengarkan
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian,
dan menyatakan kekaguman
|
Percapakan memuat ungkapan berikut :
I beg your
pardon?/Pardon?
A. I’ve got
good news!
B. Tell me more
about it.
A. What a
beautiful day!
B. It is. Shall
we go to the beach?
|
1.
Tanya jawab tentang
berbagai hal terkait tema / topic dan ungkapan terkait materi.
2.
Mengembangkan
kosa kata terkait tema / topic yang dipilih.
3.
Tanya jawab
menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
4.
Mendengarkan
percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi
5.
Menjawab
pertanyaan tentang isi percakapan.
6.
Merespon
ungkapan yang diucapkan guru.
|
· Merespon ungkapan meminta pengulangan
· Merespon ungkapan menunjukkan perhatian
· Merespon ungkapan menyatakan kegaguman
|
Tes tulis
|
Isian singkat
|
Listen
to the dialogue and complete the sentences
|
2 X 40 Menit
|
1.
Bahan-bahan
rekaman (cassette, CD, VCD)
2.
Script
percakapan Buku teks yang relevan
|
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional
dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure
dan report untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan
fungsional pendek sederhana secara akurat, lancer, dan berterima untuk
beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
-
Teks fungsional/
pendek
-
Pesan singkat
-
Iklan
-
pengumuman
|
1.
Tanya jawab
tentang berbagai hal terkait dengan jenis teks fungsional yang akan dibahas
dengan bantuan contoh / model.
2.
Membahas tujuan
komunikatif dan ciri-ciri kebahasan teks fungsional pendek terkait tema /
topic tertentu.
3.
Mendengarkan
teks fungsional pendek terkait tema / topic tertentu.
4.
Menjawab
pertanyaan tentang isi percakapan
|
· Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek:
pesan singkat, iklan dan pengumuman
· Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam
teks-teks fungsional/pendek, pesan singkat, iklan, pengumuman
|
Tes tulis
|
Isian singkat
|
Listen
to the text and complete the sentences.
|
2 X 40 Menit
|
1. Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)
2.
Teks-teks
otentik berbentuk prosedur (missal, resep-resep masakan, manual)
3.
Buku teks yang
relevan
|
2.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
Teks monolog berbentuk procedure dan report
|
1.
Tanya jawab yang
berkaitan dengan tema tertentu, misalnya photography
2.
Membahas
langkah-langkah retorika berbentuk procedure/report
dengan menggunakan ungkapan-ungkapan giving and demanding service
3.
Mendengarkan
rekaman teks monolog berbentuk procedure/report
4.
Menjawab pertanyaan
yang
|
· Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks
monolog pendek berbentuk procedure/report
· Mengidentifikasikan langkah retorika dalma teks
monolog berbentuk procedure/report
· Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks monolog
berbentuk procedure/report
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Unjuk kerja
Pilihan ganda
Melengkapi kalimat rumpang
|
· Demonstrate
how to operate a digital camera!
The teacher will read the instruction for you
· Choose the
correct answer.
Listen carefully!
· Complete the
sentences!
|
2 X 40 Menit
|
1. Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)
2.
Teks monolog
berbentuk prosedur
3.
Teks-teks
otentik berbentuk prosedur (missal, resep-resep masakan, manual)
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
|
|
berkaitan dengan teks
monolog procedure/report yang
didengarkan
|
|
|
|
|
|
|
Standar Kompetensi : Berbicara
3.
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana
untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dalam menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan
mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
Percapakan singkat memuat
ungkapan-ungkapan:
A.
Are you sure?
B.
I am, It is confirmed
A.
Well… I am not sure
B.
Don’t worry
|
1. Tanya jawab menggali kosa kata terkait topik / tema
yang dipelajari.
2. Jawab / merespon ungkapan-ungkapan terkait materi.
3. Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan
yang telah dipelajari.
4. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
5. Melakukan percakapan berdasarkan situasi yang
diberikan
|
· Bertanya dan menjawab tentang meminta dan memberi
kepastian
· Bertanya dan menjawab tentang mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
Tes lisan
|
Performance
|
Create
a dialogue based on the given situation and performan it in front of the
class!
|
2 X 40 Menit
|
1.
Buku teks yang
relevan
2.
Gambar-gambar
terkait tema
3.
Benda-benda
sekitar
|
3.2
mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak
tutur : meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
|
1. Tanya jawab menggali kosa kata terkait topik / tema
yang dipelajari.
2. Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.
3. Mendengarkan percakapan menggunakan ungkapan terkait.
4. Menjawab pertanyaan tentang percakapan
5. Bermain peran melakukan percakapan
|
· Bertanya dan menjawab tentang meminta pengulangan
· Bertanya dan menjawab menunjukkan perhatian
· Bertanya dan menjawab tentang menyatakan kekaguman
|
Percakapan singkat memuat ungkapan
berikut :
I beg your
pardon?/Pardon?
A. I’ve got
good news!
B. Tell me more
about it.
A. What a
beautiful day!
B. It is. Shall
we go to the beach?
|
Tes lisan
|
Bermain peran
|
Create
a dialogue based on the role cards and performan it in front of the class!
|
2 X 40 Menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar terkait tema
3. Benda-benda sekitar
|
Standar
Kompetensi : Berbicara
4.
Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
DASAR
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||
4.1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
· Teks fungsional/ pendek
· Pesan singkat
· Iklan
· pengumuman
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hail terkait jenis teks
fungsional pendek yang akan dibahas.
2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks
3. Membuat daftar jenis teks fungsional:
-
Pengumuman
-
Pesan singkat
-
Iklan
4. Menyampaikan secara lisan:
-
Pengumuman
-
Pesan singkat
-
Iklan
|
· Menyampaikan pengumuman
· Menyampaikan pesan singkat
· Mempromasikan (mengiklankan sesuatu)
|
Tes lisan
|
Performance
|
|
2 X 40 Menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar terkait tema
3. Benda-benda electronik
4. Ruang multi media
|
||||
4.2
Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima untuk beriteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report.
|
Teks monolog berbentuk procedure dan report
|
1. Tanya jawab tentang salah satu alat multu media (HP,
computer, Tv, radio)
2. Membuat kalimat pe rintah/pertanyaan berdasarkan
gambarkegiatan Misal:
-
Press the menu
button
-
Sellect the
numberof contact
3. Tanya jawab tentang cara mengeperasikannya (how to make a call, how to operate computer,
dsb) menggunakan gampit-gampit tertentu
|
· Melakukan monolog pendek dalam bentuk
· Procedure/report
|
Tes lisan
|
Performance
|
|
4 X 40 Menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar yang terkait tema
3. Benda-benda electronik
4. Ruang multi media
|
||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||
|
|
-
Can you shw me...
-
Sure/ I’m not sure
-
Let me show you.First..., then..., finlly.
-
Pengumuman
-
Pesan
singkat
-
Iklan
4.
Melakukan
monolog dalam bentuk procedure/report dengan bantuan gambar/urutan kegiatan bantuan
|
|
|
|
|
|
|
||||
Standar Kompetensi : Membaca
5.
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk procedure
dan report untuk brinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Merespon makna dan langkaah retorika dalam esei
pendek sederhana secara akurat, lancar dan brterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
· Teks monolog procedure/report
· Makna gagasan teks procedure
· Informasi factual
· Informasi rinci
· Informasi tersirat dalam teks procedure dan report
· Tujuan komunikatif teks procedure dan alat
· Langkah retorika
-
Teks procedure
(purpose material-steps)
-
Teks report
(identifikasion-dicrition)
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema/topic
yang dipilih
2. Mengembangkan kosa katadan kalimat terkait tema
terkait topic/jenis teks procedure
3. Tanya jawab tentang cara mengerjakan/membuat sesuatu
4. Membaca teks prosedur
5. Menjawab
pertanyaan tentang berbagai informasi dalam teks prosedur
-
Tujuan
komunikatif
-
Nahan yang d
perlukan
-
Cara melakukan
membuat sesuatu
-
Langkh retorika
teks procedure/report ort
-
Ciri kebahasan
teks prosedur
6. Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat
|
· Mengidenfikasikan makna gagasan dalam teks berbentuk procedure dan report
· Mengidentifikasi kan berbagai informasiyg terdapat
dalam teks berbentuk procedure dan report
· Mengidenfikasikan tujuan komunikatif teks berbentuk procedure/ report
· Mengidenfikasi langkah retorika dalam bentuk teks
berbentuk procedure/ report
· Membaca nyaring teks berbentu procedure/ report
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Pertanyaan Bacaan
Membaca nyaring
|
Answer the following question based on
the text
Read the text aloud
|
4 X 40 Menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Contoh teks fungsional:
-
Iklan
-
Pengumuman
-
Pesan sinkat
3. Gambar yang relavan
4. G
5. Realia
6. CD
7. CD player
8. TV
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.2.Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsiona;l pendek sederhana secara
akurat, lancar dan berterima untukberinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
5.3.Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana
berbentuk procedur dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima
|
· Makna gagasan dan tektual dalam teks fungsional/
pengumuman, iklan dan pesan singkat
· Ciri kebahasan teks fungsional pegumuman
|
1.
Tanya jawab tentang berbagai hal terkait
tema/topic/jenis teks yang akan di baca.
2.
Membahas kosa
kata dan ungkapan yang di gunakan dalm teks yang akan dibaca
3.
Membaca teks
fungsional pendek
4.
Menjawab
pertanyaan tentangisi teks
5.
Menyebutkan
jenis teks yang dibaca dan tujuan komunicativenya.
6.
Menyebutkan ciri
kebahasaan teks yang dibaca
7.
Membaca nyaring
|
· Mengidenfikasikan makna yang terdapat teks funsional
pendek;
pengumuman,iklan,pesan
singkat
· Mengidenfikasikan ciri kebahasan teksfungsional
pendek, pengumuman
|
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes Tulis
|
1. Pilihan ganda
2. Isi Singkat
3. Membaca nyaring
|
Choose
the best option, a, b, c dan d based on the text.
Complete
the sentence based on the text.
Read
text aloud
|
2 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Contoh teks fungsional:
-
Iklan
-
Pengumuman
-
Pesan singkat
3. Gambar yag relavan
|
Standar Kompetensi: Menulis
6. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
DASAR
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mengungkapkan makna dalam dalam bnetuk teks tulis
fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
|
· Kalimat sederhana
-
Imperative
-
Simple present
· Teks fungsional pendek:
1. Iklan
2. Surat pribadi
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkaittema/topic/jenis
teks yang akan dibahas.
2. Menagmati contoh-contoh teks fungsional pendek
terkait materi.
3. Menyebutkan ciri-ciri, tujuan komunikatif dari teks
4. Menulis kalimat teks sederhana menggunakan unsur
bahasa yang diperlukan.
5. Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks
|
· Menulis kalimat pendek dan sederhana
· Menulis teks fungsional pendek dan sederhana
|
Tes lisan
|
Uraian
|
1. Writiesimple sentences based on the picture given.
2. Write an advertisement based on the picture
3. Write a letter to your uncle telling him that you
want to spend holiday in his town
|
4 X 40 Menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Buku resep bahasa inggris
3. Gambar-gambar tentang cara-caramelakukan/membuat
sesuatu.
4. Gambar terkait tema
5. Realla
|
6.2
Mengungkapkan
maknadan lanngkah dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk beriteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report.
|
· Kalimat acak
dari teks
Procedure/report
|
1. Review berbagai hal tentang teks procedure
-
Tujuan
komunikatif
-
Langkah retorika
-
Ciri
2. Mengembangkan kosa kata dan kalimat berkait
topic/jenis teks prosedure
3. Menyusun kalimat acak berdasarkan
|
· Menyusun kalimat acak menjadi teks yang padu berbentuk
procedur/report
· Menulis essay berbentuk procedure
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Menyusun kalimat
Uraian
|
Rearrange the following jumbled
sentences in a good order.
Write a procedure
Text telling how to operate 8 computer
Write a report on a certain kind of
thing or place around you.
|
4 X 40 Menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Buku resep bahasa inggris
3. Gambar-gambar tentang cara-caramelakukan/membuat
sesuatu.
4. Gambar terkait tema
5. Realla
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
|
|
urutan gambar
4. Menulis teks procedure berdasarkan perintah yang di
berikan.
|
|
|
|
|
|
|
SMP NEGERI ....... Langsa
Kepala
Sekolah
...................................
Nip: .......................................
Guru Pamong
..............................
Nip......................
NB :
Ini Contoh Silabus Hasil PPL Tingkat SMP
Silakan di CopAS and di edit sesuai kriteria penulisan Silabus pada Universitas/ Kampus Masing2 seluruh Indonesia
|
PPL
....................................
Nim : .........................
|
0 comments:
Posting Komentar