Malam ini saya ingin sharing Ilmu tentang Dunia Perkuliahan, disini saya menyajikan contoh Laporan atau RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang melaksanakan PPL di Tingkat SMP, kebetulan saya mengetik RPP ini buat 3 (tiga) orang Mahasiswa, Makanya saya memberanikan diri untuk NGEPOST di blog yg sederhana ini.
CHECK IT OUT.....!!! Taaa daaaaaaaa....
SMP : SMP Negeri ... Langsa
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Standar
Kompetensi : 3. Berbicara
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpesonal lisan pendek sederhana
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar : 3.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi kepastian dan
mengungkapkan dan menanggapi keraguan.
Indikator : a. Tanya jawab
dengan menggunakan ungkapan yang menunjukkan kepastian dan menanggapi keraguan.
b. Membuat dialog sederhana sendiri dan
mempresentasikannya dengan ungkapan kepastian dan keraguan.
c. Siswa dapat mengucapkan dengan benar
kata-kata yang mengandung bunyi /O/ dan bunyi /Ô/.
I.
Tujuan Pembelajaran :a. Siswa dapat
melakukan tanya jawab dengan menggunakan ungkapan yang menunjukkan kepastian
dan menanggapi keraguan.
b. Siswa dapat membuat dialog sederhana
sendiri dan mem presentasikannyadengan
ungkapan kepastian dan keraguan.
c. Siswa dapat mengucapkan dengan benar
kata-kata yang mengandung bunyi /O/ dan bunyi /Ô/.
II.
Materi pembelajaran : Topic : I’m sure it’s good book
Sumber : Contextual English, Unit I / halaman
7-11.
Alat peraga : Gambar,
table, teks tertulis.
Language functional :Expressions showing
certainty and uncertainty
III.
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
IV.
Metode Pembelajaran : CTL (Contekstual
Teaching and Learning)
V.
Langkah-langkah (Skanario) kegiatan pembelajaran.
v
Kegiatan
Awal :
·
Mengucap
salam
·
Mengabsen
dan
·
Mengulangi
pelajaran yang telah di pelajari
Kemudian, tanya jawab secara
lisan:
1.
When
you are sure about something, what doyo
usually say?
2.
In
what kind of situation do you usually that?
3.
When
you are not sure about somthing, what do you usually say?
4.
In
what kind of situation do you usually taht?
v
Kegiatan
Inti :
1.
Siswa
mempelajari dan membaca dialog.
Situation
: Benny meets Reni in the school cafeteria. He need to borrow a book from Reni.
Benny : Hey, Reni. I really need a book about
geography. Do you have one?
Reni : I do. But I don’t have it here. It’s in my home.
Benny : Oh, I see. Mm... Will it be okay if come to your house to take
the book later this afternoon?
Reni : Yes, it’s OK.
Benny : Are you sure?
Reni : Yes, I’m positive.
Benny : OK. Then. Thanks I’ll see you later.
Reni : OK.See you.
2.
Siswa
menjawab pertanyaan secara lisan.
·
What
does Benny need?
·
Does
Reni have it?
·
Is
Reni sure that it will be okay for Benny to come to her house.
3.
Siswa
mempelajari dan membaca dialog.
Mother : I really want to read a new recipe book.
But I have no time to go to the book store.
Ryan : Recipe book, Mum?
Mother : Yes are there any recipe books in your
school library?
Ryan : I don’y knoew, Mum, I’m not sure.
Mother : Well,
I just thought that students would need recipe books for same project
assignment.
Ryan : Yes, You’re right, Mum. I’ll try to
look for the book for you, Mum.
Mother : OK, thanks, Son.
Ryan : My pleasure.
4.
Siswa
menjawab pertanyaan.
·
What
does Ryan’s mother need?
·
Does
Ryan know is there is a recipe book in the school library?
·
Is
he Sure?
·
What
does he say?
5.
Siswa
mempelajari ungkapan mengenai perasaan kepastian dan keraguan.
Asking
if someone is sure about something.
Are you sure?
Are you certain?
Are you quit sure?
Are you quit sure about...?
Definitely?
You’re sure?
Really?
Positive?
Do you mean to say...?
And there’s not doubt in your
mind about that?
Is there any doubt about...?
Saying
you are sure
I’m sure...
Im’m quit sure...
I’m absolutely/ fairly sure....
I’ve no doubt....
I’m absolutely/ fairly
certain....
I know....
I’m sure/ certain about...
I’ve no doubt about....
Saying
you are not sure
I’m not sure.....
I can’t say for certain.
I’m not too sure....
I could’nt say,...
I can’t make up my mind...
I can’t decide.....
I’m not really sure...
I’m not really sure about....
I’m in two minds...
6.
Siswa
diminta membuat dialog sederhana dengan mengungkapkan kepastian dan keraguan
dan secara berpasangan mempraktekannya.
7.
Siswa
diminta membuat dialog sederhana dengan topic yang disediakan dan secara
berpasangan mempraktikannya.
8.
Siswa
di latih mengucapkan kata-kata yang mengandung bunyi /O/ dan bunyi /Ô/.
Repeat after your teacher.
/
|
/
Ô /
|
Thirty
|
They
|
Thick
|
This
|
Something
|
Other
|
Mouth
|
Father
|
Month
|
Mother
|
9.
Siswa
di latih mengucapkan kata-kata dengan bunyi / O / dari daftar kata yang
di berikan oleh guru.
a.
Panther
b.
Nothing
c.
Eart
d.
Their
e.
Cloth
f.
Thunder
g.
These
h.
Feather
i.
Birthday
j.
Think
10. Siswa memilih kata-kata yang bnyi
/ Ô / dari daftar kata-kata yang diberikan oleh guru.
a.
Then
b.
Weather
c.
Thumb
d.
Third
e.
Without
f.
Tooth
g.
Mother
h.
Mouth
i.
Thouse
j.
Path
11. Penilaian
A.
Nontes
B.
Bentuk
Instrument
·
Performance
·
Penegasan
C.
Pengukuran
kemajuan siswa
·
Pengerjaan
tugas
·
Keaktifan
dalam kerja kelompok
SMP
NEGERI .... Langsa
Kepala
Sekolah
...............................................
Nip: ............................................
|
PPL
......................................
Nim : ............................
|
Guru Pamong
................................................
Nip.........................................
|
SMP : SMP Negeri .... Langsa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : IX / Ganji
Standar Kompetensi : 5. Membaca
Memahami makna dalam teks tulis fungsional
dan esai pendek sederhana berbentuk
procedure dan report untuk brinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar : 5.1. Membaca nyaring
bermakna teks fungsional dan esey pendek
Sederhanaberbentuk
procedure dan report dengan ucapan, tekanan
dan intonasi yangberterima.
Indikator : a.
Mengidentifikasikan ide utama sebuah paragraph berbentuk report.
b. Mengidentifikasikan ide pendukung
setiap paragraph dari sebuah teks report.
c.
Memperoleh informasi rinci dari teks yang diberikan.
d.
Mencari makna kata, frasa, atau kalimat dari teks yang di berikan.
I.
Tujuan Pembelajaran : a. Siswa dapat
mengidentifikasikan ide utama sebuah paragraph
berbentuk report.
b. Siswa dapat mengidentifikasikan ide
pendukung setiap paragraph dari sebuah teks repor.
c. Siswa dapat memperoleh informasi rinci
dari teks yang diberikan memperoleh informasi rinci dari teks yang diberikan
d. Siswa dapat Mencari makna kata, frasa,
atau kalimat dari teks yang di berikan.
II.
Materi Pembelajaran : a. Topic : I’m sure it’s Good Book
b. Sumber :
Unit 1 / Halaman 11- 13
c. Alat Peraga : Teks tertulis.
III.
Waktu : 4 x 40
menit
IV. Metode Pembelajaran : CTL (Contextual Teaching and Learning)
V. Langkah- langkah (skenario)
Kegiatan Pembelajaran:
v Kegiatan Awal:
·Memberi salam
·Mengabsen.
1.Activity 22. Tanya jawab
·Does your school have a library?
·What is library for
·Do you usally go there? When?
v
Klegiatan
inti:
1.
Activity
23. Siswa membaca nyaring teks yang diberikan.
Junior
High School Librry
There
are libraries at junior high school level (typecally grades seven through
nine). They concentrate on maintaning student’s interested. To gain information
and to develop ideas are the interests. Classes at this school level usally
introduce students to individual and small group research projects.
Libraries
at junior hight school level differ in several ways from libraries at
elementary level. It is because classes at the high school level require
student to do more research.
Junior
high school libraries usually offer large and more varied collections than
libraries at the alementary level. It is to support clasroom assignments.
High
school libraries usually have larger and more advanced collections than
libraries at elementary school. They also often add the collections with
computer database and more modern tools of biography.
The
buildings or the rooms of the libraries at junior high school level are usually
larger, too. The most complete high school libraries have computer labs,
profesional reference resources for teacher, group study ares and classrooms in
the library.
2.
Siswa
mendiskusikan kata-kata atau ungkapan yang sulit yang ada dalam teks.
3.
Siswa
membaca dalam hati untuk memperoleh informasi yang di berikan.
4.
Siswa
mengerjakan latihan yang diberikan pada activity 24 dan 25.
Activity 24:
ON
|
Column
A
|
Column
B
|
1
|
Accommodate
|
a. Contain
|
2
|
Include
|
b. Supply
|
3
|
Guidance
|
c. Need
|
4
|
Require
|
d. Basic
|
5
|
Elementary
|
e. Advice
|
6
|
Resources
|
f. Capability
|
Activity 25:
Answer the following questions based on the
text.
1.
What
is the text about?
2.
What
do libraries at junior high school level concentrate on?
3.
What
are the student’s interests?
4.
Why
do libraries at high school level differ from libraries at elementary level?
5.
What
do the students use to support their classroom assignmenbts?
6.
Do
libraries at elementary school level have more advance collection than junior
high school?
7.
What
is the main idea of the text?
8.
Identify
the main idea and supporting ideas of each paragraph. Write them on the table
in your work book.
Paragraph
|
Main Idea
|
Supporting Ideas
|
1
|
|
|
2
|
|
|
v
Kegiatan
Akhir.
·
Siswa
diminta untuk mencari teks-teks yang berbentuk report untuk di ddiskusikan atau
dipresentasikan.
Key Answer:
Ativity 24
1. B
2. A
3. E
4. C
5. F
Activity
25:
1.
Libraries
at junior high school.
2.
On
maintaining student’s interests.
3.
Togain
information and to develop ideas.
4.
Because,
classes at the high school level require students to do more resech.
5.
Larger
and more varied collection library.
6.
Yes,
they do
7.
They
add computer database and more modern tools of bibligraphy.
8.
N0,
they aren’t.
9.
High
school libraries.
10. The answers many vary.
VI. Penilain:
a. Notes
b. Bentuk Instructure
1)
Performance
2)
Penegasan
c. Pengukuran, Kemajuan siswa
1)
Fluency,
Accuracy
2)
Keaktifan
dalam kerja kelompok;.
SMP
NEGERI ..... Langsa
Kepala
Sekolah
..................................................
Nip: ......................................
|
PPL
...........................................
Nim : ..................................
|
Guru Pamong
................................................
Nip......................................
|
SMP : SMP Negeri .... Langsa
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Standar Kompetensi : 6. Writing.
Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure
dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar : 6.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks
tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
Indikator : a. Mendicripsikan secara tertulis gambar yang
diberikan.
b. Menulis paragraph sederhana tentang
pengalaman berkunjung ke suatu tempat.
c. Menyusun kalimamt acak menjadi paragraph
berbentuk report.
d. Menulis kartu identitas.
I. Tujuan Pembelajaran : a. Siswa dapat mendiscripsikan
secara tertulis gambar yang di berikan.
b. Menulis paragraph sederhana tentang
pengalaman berkunjung ke suatu tempat.
c. Siswa
dapat menulis kartu identitas.
II. Materi Pembelajaran : a.
Topik : I’m Sure It’s a Good Book
b. Sumber :
Unit 1/Halaman 13-16
c.
Alat Bantu : Teks tulis, gambar, benda, nyata seperti kartu anggota perpustakaan
III.
Waktu : 4 x
40 menit
IV. Metode Pembelajaran :
Think pair and share
V. Langkah-langkah
(scenario) kegiatan pembelajaran
v Kegiatan awal
·
Task
26 tanya jawab
1.
What
does the picture tell you about?
2.
Have
you found one of these in your town?
3.
Do
you think it is useful or not? Whay?
v Kegiatan Inti
·
Activity
27. Siswa mepelajari gambar dan kata-kata yang di sediakan, kemudian
mendiskripsikannya.
Study the following
picture in pairs. Then, describe the situation given in the picture. Use the
following words/phrases.
1.
School
library
2.
Two
sections
3.
Reference
section
4.
Collection
section\
5.
Students
6.
Borrow
the books
7.
Check
out
8.
Return
the books
9.
Librarian
10. On time
11. Late
12. Get fine
·
Siswa
menulis pengalamannya pergi keperpustakaan sekolah
Work in pairs. Go
to the library and choose a book about the library. Read it and then write a
conclution of it. Write your ideas firts create your paragraph.
General atatement _________
Discriptions
______________
·
Siswa
diminta menyusun kalimat-kalimat menjadi sebuah paragraph berbentuk report.
Arrange the
sentences into a report text.
1.
Public
libraries also serve people with special needs and interests.
2.
People
of all ages can find information and learn about community activities and a
public library.
3.
Public
libraries serve all people in community, town, including childrend.
4.
Libraries
help young people and adults learn about different jobs or carrier.
5.
Many
public libraries have class to help people learn English or how to read.
Key answer: 2- 3- 1- 4 -5
·
Siswa
mengisi formulir kartu keanggotaan perpustakaan.
Library Member
Card
Nama : ______________
Student No. : ______________
Library Member No.:
_______________
Valid : ______________
Signature : ______________
Note
·
Bring
and show this card to the librarian went you want to return and borrow books.
·
Fine
will be charged if return the books very late.
|
v
Kegiatan
Akhir.
·
Siswa
diminta untuk mencari teks-tks yang berbentuk report untuk diskusikan atau
dipresentasikan.
·
Kesimpulan
dari pembelajaran tersebut.
VI. Penilaian.
a.
Notes.
b.
Bentuk
instrumen
1.
Performance
2.
Penugasan
c.
Pengukuran
kemajuan siswa.
1.
Keaktifan
dalam kelompok.
PPL
..........................................
Nim : ...........................
|
Guru Pamong
...................................................
Nip................................................
|
SMP
NEGERI..... Langsa
Kepala
Sekolah
.................................................
Nip: .................................
|
SMP : SMP Negeri ..... Langsa
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
IX / Ganjil
Standar Kompetensi :
1. Listening
Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan
interpesonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar :
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana secara secara akurat, lancar dan berterima
untukberinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak
tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian dan menyatakan
kekeguman.
Indikator : a. Merespon
dengan ungkapan yang menunjukkan pengulangan perhatian dan kekaguman.
b. Menjawab pertanyaan berdasarkan
informasi yang ada di dalam teks lisan.
c.
Melengkapi dialog denagn informasi yang
ada di dalam teks lisan.
I. Tujuan
Pembelajaran : a. Siswa dapat merespon dengan ungkapan yang menunjukkan pengulangan, perhatian dalam kekeguman.
b. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan
informasi yang ada di dalam teks lisan
c. Siswa dapat melengkapi dialog dengan informasi
yang ada di dalam teks lisan.
II.
Materi
Pembelajran : a. Topik :
You are Terrific
b. Sumber : Unit 2 / halaman 18-19
c. Alat Peraga :
Gambar, Tabel, dan teks tertulis
d. Grammar : Use of would (Modal)
III. Waktu :
4 x 40 menit
IV.
Metode Pembelajaran : CTL (Contextual Teaching and Learning)
V. Langkah-langakah (scenario)
kegiatan pembelajaran.
v
Kegiatan
Awal: Tanya jawab materi pada activity I:
1.
Have
you ever paid attention to your friends work?
2.
What
kind of works is it?
3.
What
is the most interesting of the work?
4.
Do
you have any work to show to your friend?
5.
What
kind of work is it?
v
Kegiatan
Inti
1.
Siswa
mendengarkan infornasi lisan, kemudian merespon dengan ungkapan yang benar.
Pada activity 2.
1. I have got a for maths:
a. That’s good!
b. Pardon me?
2. I can;t come your house this
afternoon.
a. I am sorry i can’t hear you
b. You are great
3. I didn’t sleep well last night
a. You are terrific
b. That’s not good
4. Can I borrow your novel?
a. I am sorry, what did you say?
b. I don’t want to hear you
5. There so many people hear
a. Be quite
b. Can you repeat again?
2.
Activity
3. Siswa mendengar dialog lisan, kemudian melengkapi dialog rumpang pada task 3
serta menjawab pertanyaan pada activity 4
Activity
3:
Tony : Hendry! I can’t belive it’s you.
You look 1 ________!
Hendry : Tony? Wow ! I haven’t see you since 2 ___________. How are.
Tony : I am 3 _______. Thaks.
You are right too, aren’t you?
Hendry : Yes I am. Where do you live noe?
Tony : I still live in this town, by the
way, do you still paint?
Hendry : I do. Here is one of my paintings.
Tony : Wow 1 it is 4
_______ hat is the tittle of this
painting
Hendry : It is “Mom and I”
Tony :It is a good tittle. You are so
great to have a talent in painting.
Hendry : Thanks, Tony.
Activity
4.
Now, answer yhe quistions based on the
complete dialog.
1.
How
many persons are there in the dialog?
2.
Who
are they?
3.
Who
is great in painting?
4.
What
did Tony say to show his attention of Hendry’s painting?
3.
Siswa
diminta membaca dialog lisan kemudian menjawab pertanyaan yang pada activity 5.
Dalam bentuk kelompok.
Activity
5.
Dialog:
Rina : Hi, Betty. How is life?
Bety : Hi, Rina. I’m ok. How about you?
Rina : I’m fine. I want to invite you to
my birthday.
Bety : It will be fun. When is it?
Rina : Next week. Here is the card invitation.
Bety : Wow, this card is so sweet,
the colour is so interesting.
Rina : Thank I will wait your coming
Bety : Ok.
Question:
1.
How
many people are there in the dialog?
2.
Who
are they?
3.
What
are they talking about?
v
Kegiatan
Akhir:
Siswa
diminta untuk menuliskan use of modals yang lain, kemudian mempresentasikan
pada pertemuan berikut. Kegiatan ini biasa dikejakan secara kelompok atau
induvidual
VI.
Penilaian
Teknik
penelitian:
Pada
saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
2
|
Setiap jawaban yang benar
Tidak menjawab
|
10
0
|
SMP
NEGERI ..... Langsa
Kepala
Sekolah
.................................................
Nip: ............................................
|
PPL
................................................
Nim : ...............................
|
Guru Pamong
...................................................
Nip................................................
|
SMP :
SMP Negeri .... Langsa
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
IX / Ganjil
Standar
Kompetensi : 3. Speaking.
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar : 3.2 Mengungkapkan maknadalam percakapan
transaksional ( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian dan menyatakan
perhatian / kekaguman.
Indikator : a. Tanya jawab dengan menggunakan
ungkapan yang menunjukan perhatian, kekaguman dan pengulangan.
b. Membuat dialog sederhana sendiri dan
mempresentasikannya dengan ungkapan
yang menunjukkan pengulangan.
I. Tujuan Pembelajaran : a. Siswa dapat menggunakan ungkapan yang
menyatakan pengulangan dalam berbicara.
b. Siswa dapat membuat dialog sederhana
sendiri dan mempresentasikannya dengan ungkapan yang menunjukkan pengulangan.
II.
Materi
Pembelajaran : a. Topik : You are terific
b. Sumber : Unit 2 /
Halaman 19-23
c. Alat Peraga : A colour rod
d. Language Function : Expression repeatation
III. Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
IV. Metode
Penbelajaran : - The silent way
- Work in pair
V. Langkah- langkah (skenario)
kegiatan pembelajaran.
v
Kegiatan
Awal:
a.
Tanya
jawab secara lisan dengan materi pertanyaan.
- Are you happy to day?
- Have you breaktast?
b.
Mengulang
pelajaran yang sebelumnya (yang telah diajarkan) dengan pertanyaan:
- What did you know about the last
lesson?
v
Kegiatan
Inti:
a.
Siswa
mendengarkan intruksi dari guru dengan memperlihatkan alat bantu / alat peraga
(a colour rod).
b.
Siswa
menyebutkan / melakukan intruksi yang telah diberikan.
c.
Siswa
melakukan speaking a loud berdasarkan dialog yang telah diberikan dan
dilakukan oleh seluruh siswa.
Dialog:
Nina : Hi .... Donny? I’m very tired today?
Dony : Pardon? Sorry, I don’t catch what you
said?
can you repeat more?
Nina : Yes, I said that I’m tired
Dony : Tired? What did you make tired?
Nina : Sorry, Could you repeat once again?
Dony : Just now, I said what did you make tired?
Nina : Oh... I moved the books to the library
Dony : Mmmm... I think you can take a rest
Nin : What? Taking a rest?
Dony : Yes, that’s right
Nina : Oh... you are so good
Dony : It is ok.
d.
Siwa
dibagi dalam dua kelompok dalam melakukan speaking a loud
e.
Siswa
diminta membuat sebuat dialog sederhana dengan menggunakan ungkapan yang telah
mereka pelajari, kemudian mempresentasikannya secara berpasangan.
v
Kegiatan
Akhir:
a.
Guru
memberikan ucapan “Well doen”, “good job” atau sebagainya agar siswa
termotivasi.
b.
Guru
menyuruh siswa untuk mengulang kembali pelajaran dirimah dalam melakukan
speaking dengan menggunakan ungkapan yang telah dipelajari.
VI. Penelitian:
1. Bentuk Instrument
a. Performence:
- Intonasi
- Pronunciation
- Fluency
- Accuraly
- Keaktifan dalam kerja kelompok
PPL
......................................
Nim : ............................
SMP
NEGERI .... Langsa
Kepala
Sekolah
...............................................
Nip: ...................................
|
Guru Pamong
................................................
Nip.........................................
|
SMP : SMP Negeri .....
Langsa
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
/ Semester : IX / Ganjil
Standar Kompetensi :
5. Reading.
Memahami
makna teks tertulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar : 5.3 Merespon
makna dan langkah retorisika dalam esey pendek sederhana secara akurat,lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk procedure.
Indikator : a.
Membaca nyring dengan intonasi, pronuciation yang lancar.
b.
Memperoleh
infornasi rinci dari teks yang diberikan.
c.
Meneasi
makna kata, frasa atau kalimat.
d.
Mengidentifikasi
ide utama sebuah teks tertulis.
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat mengidentifikasi ide
utama dalam teks.
b. Siswa
dapat membaca denagan nyaring dengan intonasi dan pronunciation yang lancar.
c. Siswa
dapat memperoleh informasi dalam teks tertulis.
d. Siswa
dapat menemui makna kata, frasa atau kalimat didalam sebuah teks tertulis.
II.
Materi
Pembelajaran : a. Topik : You are Territic
b. Sumber :
Interned
c. Alat peraga : Teks tertulis
III.Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
IV. Metode Pembelajaran : a. GTM (Grammar Translation Method)
b. Jicsaw
V.
Langkah-langkah (skenario) kegiatan pembelajaran.
v
Kegiatan
awal
a.
Tanya
jawab dengan materi pertanyaan:
- Have you make a cake ?
- What do you need to make a cake?
v
Kegiatan
Inti:
a.
Siswa
mendengarkan instruksi dari guru bagaimana membaca dengan benar.
b.
Siswa
diminta membaca teks tertulis dengan nyaring.
Betty
botter bought a bit of butter
The
butter Betty botter bought was a bit bitter
And
made her batter bitter
But a
bit of better butter makes better batter
SoBetty
botter bought a bit of better butter
Making
Betty botter’s bitter batter better
Betty
botter’s batter became bitter
Did
Betty botter buy the butter?
c.
Siswa
dibagi empat kelompok untuk membaca nyaring secara bergantian.
d.
Salah
satu dari siswa diminta untuk membaca sebuah teks tertulis.
e.
Siswa
diminta untuk mngartikan teks tertentu tersebut dalam berkelompok. Kemudian,
Siswa diminta menemukan informasi dan tugas yang telah diberikan.
f.
Siswa
diminta bertukar informasi antara satu dengan yang lainnya.
g.
Siswa
diminta untuk membacakan hasil informasi yang mereka dapat.
v
Kegiatan
Akhir:
a.
Guru
memberikan ucapan : Good job” “Well done” dan sebagainya agar siswa
termotivasi.
b.
Game.
VI.
Penilaian:
a.
Bentuk
Instrument:
1.
Pronunciation.
2.
Intonation
3.
Accurasy
4.
Fluency
b.
Pengukuran
kemajuan siswa
1.
Pengerjaan
tugas
2.
Keaktifan
dalam kerja kelompok
PPL
..........................................
Nim : .................................
SMP NEGERI ..... Langsa
Kepala Sekolah
..............................................
Nip: .....................................
|
|
Guru
Pamong
....................................................
Nip.......................................
|
SMP : SMP Negeri ....
Langsa
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
/ Semester : IX / Ganji
Standar Kompetensi :
6. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional
pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengungkapakan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Indikator :
a. Menyusun kalimat procedure yang
belum beraturan.
b. Menyusun kata-kata hingga membentuk
kalimat procedure.
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat Menyusun kalimat procedure
yang belum
Beraturan.
b. Siswa dapat Menyusun kata-kata hingga
membentuk kalimat
procedure.
II.
MaPembelajaran : a. Topic : You are tersific
b. Sumber : Unit 2 / halaman 39
III.
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit
IV.
Metode
Pembelajaran : CTL (Contextual
Taeching and Learning)
V.
Langkah-langkah
(skenario) kegiatan pembelajaran:
v
Kegiatan
awal:
a.
Tanya
jawab dengan materi pertanyaan:
-
Did
you over cook?
-
What
did you cook?
v
Kegiatan
Inti:
-
Guru
menjelaskan tentang topic yang akan di bahas.
-
Siswa
diminta untuk menyusun kalimat procedure
yang belum beraturan hingga
membentuk teks procedure.
Arrange these sentence cooking an egg.
Step:
1.
Give
it a bit of salt and chillie
2.
Finally,it
is frefared and it can be atc.
3.
Then,
out an egg of thr shell and it enters in the bowl.
4.
After
that, it enters in the fried pan
5.
Frist,
enter a bit of oil in the friid pan
Key ward :
a.
5
b.
3
c.
1
d.
4
e.
2
v
Kegiatan
Akhir:
a.
Guru
membuat kesimpulan tentang topik yang dibahas.
VI.
Penilaian :
-
Pada
saat kegiatan belajar mengajar berlangsung
Uraian
|
Skor
|
Setiap jawaban yang benar
Tidak menjawab dan salah
|
10
0
|
PPL
.....................................
Nim : ..................................
|
SMP NEGERI .... Langsa
Kepala Sekolah
.................................................
Nip. .............................................
|
Guru Pamong
..........................................................
Nip...................................
|
SMP : SMP Negeri ...
Langsa
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
/ Semester : IX / Ganjil
Standar
Kompetensi : 7. Menulis.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk
berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasa :
7.1 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam kenteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure
dan report.
Indikator : a. Membantu membuat surat sederhana.
b. Menulis sebuah
surat dengan mengunakan Temporal
conjunction, seperti: Firts, Second, Then, After that, dan Finally.
I.
Tujuan
Pembelajaran : a. Siswa dapat membuat sebuah surat sederhana.
b.
Siswa dapat menulis sebuah surat denagan menggunakan Temporal conjunction,
seperti: Firts, Second, Then, After that, dan Finally.
II. Materi Pembelajaran : a. Topik :
You are terrific
b.
Sumber : Unit 2 / halaman 33
c.
Alat peraga : Teks tertulis
d.
Grammar : Simple past tense
III.
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit
VII. Metode Pembelajaran : CTL
V. Langkah-langkah (skenario) kegiatan
pembelajaran:
v
Kegiatan
Awal:
- Mengulang pelajaran yang telah di
ulangi.
v
Kegiatan
Inti:
- Guru menjelaskan tentang topik
yang akan di bahas.
- Siswa di minta menemukan temporal
conjunction seperti: Firts, Second, Then, After that, dan Finally.
Pada
activity 32:
Activity
32.
17
Hamman street
Bandung
Indonesia
4
th March 2007
Dear
Anti,
Thank
you foryou last letter. It was so interesting to hear about your school day. It
sounds much nice than our school.
Let me answer your question about my holidays.
It was my best holiday in my life. First, we planed to go to Yogyakarta. Then,
we decided to go by bus, because we
wanted to enjoy the trip.
The trip was so exciting. It took eight
hours to reach Yogyakarta from Bandung.
After we reached the place. We looked for
haotel to put our travel bags.
We spent the time in Yogyakarta for three
days. Finally, we wait to go to school tomorrow to tell ing story to my
friends.
Love
Tanti
- Siswa diminta untuk membuat
sebuah surat sederhana tentag “Holidays”, dengan menggunakan temporal
conjunction seperti: Firts, Second, Then, After that, dan Finally.
v
Kegiatan
Akhir
- Tanya jawab:
Do
you fell it difficult?
- Siswa di minta untuk mengulang /
mempraktekkannya kepada teman.
VIII.
Penilaian :
1.
Bentuk
Instrumen :
Grammar
2.
Kegiatan
siswa dalam menulis.
PPL
..........................................
Nim : ..............................
|
SMP
NEGERI .... Langsa
Kepala
Sekolah
................................................
Nip: ............................................
|
Guru Pamong
.............................................
Nip........................................
|
SMP : SMP Negeri .....
Langsa
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
/ Semester : IX / Ganjil
Standar Kompetensi : 2 Listening.
Memahami makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar : 2.1 Merespon makna yang dapat dalam
teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2.2
Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan teks berbentuk procedure.
Indikator : a. Mejawab
pertanyaan berdasarkan informasi yang ada dalam teks lisan.
b. Melengkapi dialog dengan
informasi yang ada dalam teks lisan.
c.
Melenkapi teks procedure dan tim signal
yang benar.
d.
Mengucapkan dan mencari arti dari
kata-kata yang di berikan.
e.
Menyusun gambar dengan informasi yang ada dalam teks.
f. Membetulkan pertanyaan yang salah berdasarkan
informasi dalam teks lisan.
g. Menceritakan pertanyaan
yang salah berdasarkan informasi dalam teks lisan.
h. Menceritakan kembali sebuah
proses yang di dengar teks lisan.
I.
Tujuan
Pembelajaran : a. Siswa dapat Mejawab pertanyaan berdasarkan informasi yang ada dalam teks lisan.
b.
Siswa dapat Melengkapi dialog dengan informasi yang ada dalam teks lisan.
c.
Siswa dapat Melenkapi teks procedure dan tim signal yang benar.
d.
Siswa dapat Mengucapkan dan mencari arti dari kata-kata yang di berikan.
e.
Siswa dapat Menyusun gambar dengan informasi yang ada dalam teks.
f.
Siswa dapat Membetulkan pertanyaan yang salah berdasarkan informasi dalam teks
lisan.
g.
Siswa dapat Menceritakan pertanyaan yang salah berdasarkan informasi dalam teks lisan.
h.
Siswa dapat Menceritakan kembali sebuah proses yang di dengar teks lisan.
II. Materi Pembelajaran : a. Topik :
How do you reach the pleace?
b. Sumber : Unit 3/Halaman 36-48
c. Alat
Peraga : Gmbar, tabel, dan teks
tulis.
d. Grammar : Transition Signals
III.
Alokasi Waktu : 8 x 40
menit
IV. Metode
pembelajaran : CTL (Contextual
Taeching and Learning)
IV. Langkah-langkah (skenario)
kegiatan pembelajaran:
v
Kegiatan
Inti:
·
Tanya
jawab dengan materi pada Activity 1
1. Have you had an unforgettable
holiday in your live?
2. Where did you go?
3. How did you get there?
4. What steps did you prepare before
you went to that place?
5. What stepsdid you prepare when
you got back from that pleace?
v Kegiatan inti:
1. Siswa mendengarkan informasi
lisan, kemudian melengkapi dialog yangdi berikan pada activity 2 dengan
informasi dari teks lain.
Dewi : hai, Doni. How
are you?
Doni :
Hi, Dewi. I am fine. I just came from 1) __________.
Dewi :
2) _________? Wow, I am sure
it must be 3) ________.
Doni :
Yes of course.
Dewi :
Where did you 4) _____?
Doni :
I went to Muara Takus Temple.
Dewi :
Where is it? Is it in Sumatra?
Doni :
Yes, it i. It’s in 5) _______.
Dewi :
Who did you go with?
Doni :
I went Muara Takus Temple with my family.
Dewi :
How did you go there?
Doni : By plane, I ‘ll tell the story
after school, Ok? Now, let’s go to the class.
The bell has rung.
Dew : OK.
Key Answer:
1. My holiday
2. Did you
3. Fun
4. Go
5. Riau
2.
Activity 3. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan dialog yang telah di
lengkapinya.
Aswer the following questions
based on the completed dialogue.
1) Who are talking about haliday?
2) Who spent holiday in Muara Takus
Temple?
3) Where is Muara Takus Temple?
4) Have you been there?
5) If you have, how did you get
there?
3. Siswa melengkapi teks yang di
berikan pada activity 4 dengan kata-kata yang di sediakan.
Fill
in following blanks with a appropriate transation signal grammar vie you’ve
just learned.
This is the way to used computerezed card catalog.1)
_________ type in your topic in The computer 2)______press the
return key. The computer wiil search its databaseof magrazine and jurnals and
will give you a list of all the articles related to the topic you have.3)
_________ yuo can choose which ones you want to look up. 4)
_________ you can print out the listen og citations.
Adapted from Ready to Write More, 2003
4. Activity 5. Siswa
mendengarkan teks procedure lisan, kemudian menuliskan semua transation signal
yang ada dalam teks.
How
to Reach Kampar
Fly
to Pekan Baru to then, choose a Hotel to stay. There are some five-star and
also justmine Class. The Hotel tariff is cheap, Compared to other cities. For
backpackers,pekan baru is the nice place
because you can spend a little for daily
demands.
Next you may choose rental cars or public
transport to go to Kampar. The boundary between Pekan Baru and Kampar is so
close. It is much better to rent a car since the routes to the tourist
destinations are not on the same routes.
And even, at some tourist object, it is difficult to get public transport. You
will spend much money and time if no renting cars or motorcycles. To make your
trip maximal youare advised to visit Riau Tourism office. They provide
information about tourist distinations, starring from tourist guide book and
etc. have a nice trip.
Take
from: Inside Sumatra, 2006
5.
siswa mendasarkan kembali teks lisan pada task activity 5, kemudian menjawab
pertanyaan yang di berikan.
1.
Where
do you first if you want to reach Kampar?
2.
Then,
what they second step?
3.
Is
there any cheap hotels?
4.
What
is the last think to do to make your trip easir?
6.
siswa mendengarkan kembali teks lisan
pada activity 5, kemudian menulis temat-tempat yang disebutkan dalam teks.
7.
siswa mendiskusikan materi yang diberikan pada activity 8.
You will have an oral text.
Discuaa these first. Pronounce these words or phrases, then find the meaning of
them.
a. Verbs
§
Slince
§
Roll
§
Fry
§
Sprinkle
§
Heat
§
Check
B. Nouns / Noun
Phrase
§
Thin
slince
§
Frying
oil
§
Frying
pan
§
Step
§
Top
c. Preposition
§
In
§
On
§
Until
d.
Time signals
§
Firts
§
After
that
§
Then
8.
Siswa
mempelajari gambar pada activity 9, kemudian menjawab pertanyaan yang di
berikan.
Question
1.
What
do you think they are?
2.
What
makes you think so?
3.
What
are they doing?
4.
When
you want to offer food to a friend, do
you usually buy it or make it by yourself?
5.
If
you do, what kind of food you can make?
6.
What
do you need to make it?
7.
And
how do you make it?
9. Siswa mendenga
kan teks lisan, kemudian mengerjakan tugas pada activity 10, 11, 12, 13, dan
14.
Activity
10 dan13.
How
To Make Fried Bananas
Ratna meets her mother in the kitchen. She is making something
there.
Ratna : What are you doing, Mom?
Mother : I’m making fried banana.
Ratna : That’s great. I love fried banana.
Mother : Of course you do. But you do not know how
to make it, don’t you?
Ratna : Hmmm.... no. can you tell me please?
Mother : Ok.
Making fried banana is very easy. What
you need is some good banana, some frying oil, and some flour.
Ratna : Pardon? Did you say flower?
Mother : Flour not flower like ros.
Ratna : Oh, I see.
Mother : Now
check the step of to make it. Firts slice the
bananas into thin slice, then heat the frying oil on a frying pan. After
that, roll the bananas in flour. Then
fry them until they turn brown. If you
like, you can sprinkle some sugar on
top.
Activity 11.
All these statements are not true
according to the text. Listen to the text once again, then give the correct
version based on the informasion in the text.
Remember to read all the
statements first.
1.
There
are three persons in the dialogue,
Ratna, her sister, and her mother.
_____________________________________________________________
2. Ratna
meets her mother in the living room.
______________________________________________________________
3. Ratna is making fried banana.
_______________________________________________________________
4. Ratna doesn’t r eally like fried banana.
________________________________________________________________
5. Making fried
bananas is not simple.
________________________________________________________________
6. What we need to make fried bananas is bananas and fluor.
________________________________________________________________
7. The first step is put a frying pan on the
stove.
________________________________________________________________
8. These scond step is to fry bananas.
________________________________________________________________
9. The fried
bananas are done they turn yellow.
________________________________________________________________
10. You must sprinkle some sugar before you
ear fried bananas.
________________________________________________________________
Activity
13.
You teacher or your fried will
read the text once again. Retell the proces of how to make fried bananas.
Making
fried bananas.
a.
The materials:
Ø _____________________________________________________
Ø _____________________________________________________
Ø _____________________________________________________
Ø _____________________________________________________
b. The
step:
Ø _____________________________________________________
Ø _____________________________________________________
Ø _____________________________________________________
Ø _____________________________________________________
Activity 14.
Resive the process by adding time
signals like firts, then anad then, after that.
Then, retell the process again.
You can begin like this.
Making fried bananas.
Dear
friends, when you need a delicious snack, you can try fried bananas.
The
materials you needto make this snack is ____________________________
If
the materials are ready, follow these
step:________________________________
First,
_____________________________________________________________
Then.
____________________________________________________________
Aftter
that, ________________________________________________________
10.
Siswa mempelajari gambar pada Task 15,
kemudian mengerjakan tugas pada activity 15, 16, 17, dan 18.
Activity
15.
Making
Ice Lemon Tea
When
you want to offer a drink to your friend, it’s better if you can make it
yourself.
Why?
Because you can save a lot of money. This shows you how to make ice lemon tea.
All
you need is a glass of tea, 2
teaspoonful of sugar, ice cubes, ans a slice of lemon.
Here
are the step of how to make the ice lemon
tea.
First,
make a
glass of tea. Make the tea a little bit stronger because when you add
the lemon it will get thinner. Then, pour the sugar into the glass. And then,
stir the mixture well.
Finally,
add some ice cubes into the mixture. Enjoy your nutritious drink for one
person.
Activity 16.
Read your sentence from 1 TO 6.
You can begin like this.
Making
Ice Lemon Tea.
When you are thirst and want a
fresh drink, try this one.
You need
If the materials are ready,
follow these step:
First,
Activity 17
Make
a summary of your work.
Goal:_____________________________________________________________
Materials: 1.
_______________________________________________________
2.
______________________________________________________
3.
____________________________________________________
Step:
1. ______________________________________________________
2. _______________________________________________________
3.
_____________________________________________________
Activity 18
Do
this in groups.
1. What sentences structure does
the text use? Present simple or past simple? Give an example.
2. List all the verbs in the
text.
________________________________________________________________
3. List all the nouns in the text.
_____________________________________________________________
4. List tehe signal words in the
text.
_____________________________________________________________
v
Kegiatan
Akhir:
·
Siswa
diminta untuk mencari teks-teks yang ber bntuk procedure, kemudian menuliskan
semua kata kerja yang di gunakan.
V. Penilaian :
a. Notes
b. Bentuk instrument
1. Performance 2. Penugasan
c. Pengukuran kemampuan siswa
1. Pengerjaan tugas
2. Keaktifan dalam kerja kelompok
Rubik
Penilain
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Setiap jawaban yang benar
|
10
|
2.
|
Tidak menjawab
|
0
|
\
PPL
.........................................
Nim : ...........................
|
SMP
NEGERI ....... Langsa
Kepala
Sekolah
..................................................
Nip: .......................................
|
Guru Pamong
................................................
Nip...........................................
|
SMP : SMP Negeri ...
Langsa
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
/ Semester : IX / Ganjil
Standar Kompete :
4. Speaking
Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsioanal dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar : 4.2 Mengungkapkan makna dalam monolok pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa secara akurat,
lancar, dan berterima, untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk procedure.
Indikator : a. Mengungkapkan
setiap kata baru dengan tekanan dan intonasi yang benar.
b.
Membuat dialog sederhana tentang membuat
sesuatu sendiri dan mempresentasikannya.
c.
Melakukan tanya jawab tentang petunjuk
arah ajalan.
d.
Menceritakan sebuah proses berdasarkan
panduan.
e.
Menceritakan sebuah proses berdasarkan
pengalaman sendiri.
I. Tujuan
Pembelajaran : a. Siswa dapat Mengungkapkan setiap kata baru
dengan tekanan dan intonasi yang
benar.
b. Siswa dapat Membuat dialog
sederhana tentang membuat sesuatu
sendiri dan mempresentasikannya.
c. Siswa dapat Melakukan tanya jawab tentang
petunjuk arah jalan.
d. Siswa dapat Menceritakan sebuah proses
berdasarkan panduan.
e. Siswa dapat Menceritakan sebuah proses
berdasarkan pengalaman sendiri.
II.
Materi Pembelajaran : a. Topic : How Do You Read the Place
b.
Sumber : Unit 3 / Halaman 48-46
c.
Alat Bantu : Gambar, peta
d. Language Function : Expressions showing
attention, pride, and asking repetition.
III.
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
IV.
Metode Pembelajaran : Model Pembelajaran Think pair and share.
V. Lngkah-
langkag (skenario) kegiatan pembelajaran :
v
Kegiatan
awal
·
Tanya
jawab secara lisan dengan materi
Pertnyaan pada activity 24.
1.
Do
you like ice cream?
2.
What
kind of ice cream do like best?
3.
Can
you make your own ice cream?
4.
How
many steps are there?
5.
Write
an explanation on how to make your own ice cream?
Pada activity 25,
Activity 25.
Read
and practice the following dialogue. Then, act it out to the class.
Mother
explains ira how to make sour sop sherbet ( es krim sirsak)
Ira : It’s so hot today,
Mom.
Mother : Yeah, it is. Everyday is always hot now, Honey.
Ira : Mum, I want some
ice cream. Can I buy some ice cream at the mini market in front of our house?
Mother :
Honey, there is a sour sop in our kitchen. What about making some sour sop ice
cream?
Ira : Wow! Itmust be delicious, Mum.
Mother : OK. Let’s go to the kitchen and start to make it.
Ira : OK. Mum.
Activity 26.
Answer
the questions based on the dialogue in Activity 25.
1. Who wants some ice cream?
2. What is in the kitchen?
3. Who will make the ice cream?
4. Do you know how to make sour
sop ice cream?
·
Siswa
membacakan dialog pada Activity 27.
Activity
27,
Now, practice the following
dialogue. The dialogue shoes you how to make soursop sherbet / ice cream.
Mother
and ira are now in the kitchen.
Ira : Ok. Mum. Where do we star?
Mother : Be patient, Honey. Frist, we have to prepare the ingredients of
the ice cream.
Ira : What are they, Mum?
Mother: Let’s see. They are 400
grams sour sop. They have to be peepled
and seeded. Then, prepare 250 ml
sugar syrup and 15 ml freshly squeezed llime juice. Finally, lightly whisked 1
/ 2 egg white.
Ira : That sounds easy, Mum. All of the ingredients are in our
kitchen.
Mother: Yes, There are. Now, let’s
star how to make this ice cream. First,
combine the sour sop, sugar syrup, and
lime juice in a blender and puree for 2-3 minutes. Then, pour the mixture into
a bowl.
Ira : Ok. Mum. Then, wahat steps after this mixture?
Mother: Next stepis mixing in the
egg white with a whisk. After that, put the mixture in an electric ice cream mavhine and freeze for approximately
20 menutes.
Ira : Youare great, Mum. It’s so easy to make this ice cream.
·
Activity 28.
Siswa membuat
monolog pendek tentang makana yang biasa di buat ibunya.
·
Activity 29.
Siswa membuat
monolog pendek tentang membuat makanan favoritnya.
·
Siswa mempalajari dialog tentang
melakukan sesuatu,
·
Activity 31.
Siswa membuat dan
mengucapakan kalimat yang mereka susun berdasarkan tabel yang disediakan.
Activity 31.
Create sentence
from this table. Then, read them aloud.
I’d
like some information on
|
Making a dress
Fixing a toy car
How to make a dress
How to fix a toy car
How to make a paper helicopter
How to prit a document
How to send SMS
|
Can
you tell me
|
How
to make a dress?
How
to fix a toy car?
How
to make a paper helicopter?
How
to print a document?
How
to send SMS?
|
·
Siswa
membahas materi pada Activity 32 dan mengerjakan tugas pada activity 33, 34,
35.
Activity 32
Giving directions. When you
explain to someone how to get to a certain place you will give directions. Study the following list of verbs
for giving directions and find some other verbs yourself.
Ø
Go straight along this road.
Ø
Walk along this road
Ø
Turn / right.
Ø
Walk across _______ street.
Ø
Go along the cross road.
Ø
___________________
Ø
___________________
Ø
___________________
Ø
___________________
Ø
__________________
Activity 33.
Activity 34.
Make
questions and answers on how to get to a certain place.
Activity 35.
·
Siswa
mempelajari gambar pada Activity 36 dan mengerjakan tugas pada activity 37, 38,
39.
v
Kegiatan
Akhir
·
Siswa
di tugaskan untuk menyusun sebuah laporan tentang membuat atau melakukan
sesuatu berdasarkan pengalaman sendiri,
misalnya bagaimana membuat makanan kesukaan atau bagaimana memperbaiki sesuatu.
Kemudian di presentasikan.
VI. Penilaian :
a. Notes
b. Bentuk instrument
1. Performance 2. Penugasan
c. Pengukuran kemajuan siswa.
1. Pengerjaan tugas 2. Keaktifan dalam kelompok.
SMP
NEGERI ....Langsa
Kepala
Sekolah
..................................................
Nip: .........................................
|
Guru Pamong
....................................................
Nip.................................................
|
PPL
.........................................
Nim : ................................
|
SMP
: SMP Negeri .... Langsa
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: IX / Ganjil.
Standar
kompetensi : 6. Writing
Mengungkapakan
makna dalam teks tulis fungsionala dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar : 6.1 Mengungkapkan makna dan langkahretorika
dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report.
Indikator : a. Menyusun kalimat menjadi
paragraph sederhana berbentuk prosedur berdasarkan ilustrasi yang di berikan.
b.
mempergunakan time signal dalam paragraph berbentuk procedure.
c.
Menyusun paragraph berbentuk procedure
berdasarkan ilustrasi dan kata-kata yang diberikan.
d.
Menuliskan hal-hal penting dalam sebuah teks berbentuk prosedur.
e.
Menuliskan kebiasaan sendiri berdasarkan
contoh.
I. Tujuan Pembelajaran : a. Siswa dapat menyusun kalimat
menjadi paragraph sederhana berbentuk prosedur berdasarkan ilustrasi yang di
berikan.
b.
Siswa dapat mempergunakan time signal dalam paragraph berbentuk procedure.
c.
Siswa dapat menyusun paragraph berbentuk procedure berdasarkan ilustrasi dan
kata-kata yang diberikan.
d.
Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dalam sebuah teks berbentuk prosedur.
e.
Siswa
dapat menuliskan kebiasaan sendiri berdasarkan contoh.
II.
Materi pembelajaran : a. Topic :
How do you Reach The Place?
b. Sumber :
Unit 3 / Halaman 59-65
c. Alat Bantu :
Teks tulis, gambar.
III.
Alokasi Waktu : 4 x 40 menute
IV.
Metode Pembelajaran : Model pembelajaran pengajaran langsung (
explicit instruction).
V.
Langkah-lankah (Skanario) kegiatan pembelajaran:
v
Kegiatan Awal
·
Tanya
jawab dengan materi pada activity 46.
1)
Had
you ever made an experiment at home?
2)
What
kind of experiment was it?
3)
Was
it succeed?
v
Kegiatan
inti
·
Activity
47.
Siswa
mempelajari gambar dan data-data yang disediakan, kemudian menyusun kalimat
sesuai dengan ilustrasi yang diberikan pada activity 48.
Activity
47.
Study the following text and
pictures.
Making changes
You can changes picture from one from to another by
making molecules speed up and slow down. This picture will show you how.
To do these
experience size:
1)
3
glasses of the some size
2)
2
ice cubes
3)
A
pan
4)
Some
cold better
5)
Hot
water
6)
A
coin
7)
A
jar lid
Make sure the glasses are the
same temperature as the room. Put an ice
cube in the firsr glass, a small piece of butter in the second glass, and a
coin in the third glass. Now leave the glasses for twenty to thirty minutes.
Which of the threematerial has melted?
At room temperature some of the ice cube melts. The butter doesn’t
melt, but it gets softer. The coin
doesn’t change.
Next, pour hot water to a depth
of 2 ½ cm into the pan. Set the glasses in the pan and leave them for ten menutes. What change’s do
you see?
The hot water make the molecules speed up. Much more
of the ice cube melts. The butter melts, too. But the atoms in the coin don’t
speed up much, so it doesn’t melt. Now fill one glass half full with hot water.
Set the jar lid on the glass, upside down. Then place in ice cube on the lid.
After five minutes, remove the ice cube and carefully remove the lid. What do
you see on the side that covered the glass?
There are drops of water on the
lid. Some molecules in the hot water changed to gas. But when they hit the cold
lid, they slowed down, condensed, and
became a liquid again.
Activity 48
Work
in groups. Arrange the following steps based on activity 47.
1)
At
room temperature, some of the ice cubes melt.
2)
Put
an ice in the first glass, a small piece of butter in the second glass, and the
coin in the thrid glass.
3)
Make
sure the glasses are the same temperature as the room.
4)
Leave
the glass for twenty to thirty minutes.
5)
The
butter doesn’t melt, but it gets softer
6)
The
coin doesn’t change.
·
Siswa
menyusun sebuah paragraph berbentuk procedure dengan menggunakan kalimat
pannduan yang diberikan pada Activity 49.
Activity 49.
When you give instruction to some
one, you need to make a list of the steps in the process. Then you should
arrange the steps in the p[rocess. Then, you should arrange the steps according
to time order.
Arrange the following
instructions. They show you how to take a good picture of a cat.
a.
When
she wakes up, get in position and have you came ready.
b.
When
she is full, move your cat to a sunny window.
c.
Give your cat somethink to eat
d.
Take
the picture as she yawns amd scrathches.
e.
Rub
your until she falls asleep.
The
correct arrangement is: 1. 2. 3. 4. 5
·
Siswa
menulis ulang tulisannya dengan menambahkan tujuan pada activity 50 dan time
signal pada Activity 51.
·
Siswa
melakukan hal senada dengan materi yang
diberikan pada Activity 52 dan 53.
Activity
52.
Following
the steps above, do this exercise. Arrange these instructions.
a.
Put
your photo on the application form.
b.
Find
the driving license section.
c.
Go
to yhe police station.
d.
When
the pass the test, you’ll have the driving license.
e.
Fill
out an application form.
·
Siswa
mempelajari gambar pada Activity 59, kemudian menulis kalimat perintah sesuai
dengan gambar tersebut.
·
Siswa
menyusun sendiri kalimat perintah dalam melakukan sesuatu dengan topic sendiri atau topic yang disediakan pada
Activity 55.
Activity
55.
Make your own instructions on
doing something. Write your instruction in the form of a paragraph. Then,
present it in front of the class. You can choose any topic you like or you know
well. Here are some alternatives,
a.
How
to make a glass of coffe.
b.
How
to clean a room.
c.
How
to wash a car.
d.
How
to write a letter, etc.
·
Activity
56. Siswa menyusun resep makanan dan mengisi tabel yang disediakan.
·
Activity
57. Siswa mempresentasikannya.
v
Kegiatan
Akhir
·
Siswa
diminta untuk mencari teks-teks yang berbentuk procedure kemudian pada
pertemuan berikutnya didiskkusikan atau dipresentasikan.
VI.
Penilaian :
a. Notes.
b. Bentuk instrument
1. performance 2. Penugasan.
c. Pengukuran kemajuan siswa.
1. Fluency, Accuracy 2. Keaktifan dalam kelompok
PPL
..........................................
Nim : ..............................
|
SMP NEGERI ... Langsa
Kepala Sekolah
..............................................
Nip: ......................................
|
Guru Pamong
....................................................
Nip..............................................
|
SMP
: SMP Negeri ..... Langsa
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: IX / Ganjil.
Standar
kompetensi : 2. Listening
Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk procedure
dan report untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar : 2.2 Merespon makna
yang terdapat dalam menolog pendek sederhana secara akurat, Lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalm teks
berbentuk dan report.
Indikator : a. Menjawab pertanyaan
berdasarkan informasi yang ada dalam
teks lisan.
b.
Melengkapi dialog dengan informasi yang ada dalam teks lisan.
c. Menyusun
kata menjadi kalimat.
d. Melengkapi kalimat dengan adjective pronoun
yang sesuai.
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjawab
pertanyaan berdasarkan informasi yang ada dalam teks lisan.
b. Siswa dapat Melengkapi dialog dengan
informasi yang ada dalam teks lisan.
c. Siswa dapat Menyusun kata menjadi kalimat.
d. Siswa dapat Melengkapi kalimat dengan
adjective pronoun yang sesuai.
II. Materi Pembelajaran : a. Topic : I’ve Got Hot news
b. Sumber :
Unit 4 / Halaman 68-71
c. Alat Bantu :
Gambar, tabel, dan teks, tertulis.
d. Grammar :
Adjective clauses.
III.
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit
IV.
Metode Pembelajaran :
CTL (Contextual Teaching Learning)
V.
Langkah-langkah (skenario) Kegiatan Pembelajaran:
v
Kegiatan
Awal:
·
Tanya
jawab dengan materi pada Activity 1.
1. Where do you get most of your news:
a.
TV?
b.
Newspaper?
c.
Radio?
d.
Magazine?
2. In your opinion, how to important are
newspaper to your life?
3.
How many days in a week do you read
newspaper?
v
Kegiatan
Inti:
·
Activity
2. Mengidentifikasi informasi yang da dalam teks lisan, kemudian menyesuaikan
gambar pada Activity 3 dengan informasi dalam teks lisan.
Activity
2 dan 3.
Magazine : It is a colection of articless or stories or both
published at regular interval.
Computer : It is
a machine that works with information at great speeds. The informa-tion s may
include video games, movie, and sounds.
Television : It is one of our most inportant ways of getting entertaiment and informa-tion.
Radio : It is a machine that send or receives the
sounds.
Newspapere :
It is a printed pablication, issued daily or weekly, with news,
adverte-ments, etc.
Fax : It is a mechine that sends and receives
written words pictures over telephone ilnes.
·
Activity
4. Mendengar dialog lisan dan jwab
pertanyaan.
Question:
1. What does Rita ask Nina to do?
2. What is Rita watching on
telivision?
3. Who will get married?
4. Is the information that Rita says
true or not?
5. How do you know?
·
Activity
5. Mengidentifikasi informasi yang ada dalam teks lisan, kemudian menyesuaikan gambar.
Activity 5
1. Rita is watching the news on the
television.
2. Tia is reading a magazine.
3. Mrs. Adreson is reading is
newspaper.
4. Norma is chatting online with his
friend.
5. John is doing his work on the
computer.
6. Donnis is sending fax to his
grandmaother.
7. Susan is arguing with Arman.
8. Ann is doing some exercise in front of TV.
·
Activity
6. Mengidentifikasi informasi yang ada dalam teks lisan, kemudian menen tukan benar atau salah pernyataan yang diberikan.
Activity 6:
1.
Communication
is not really import today.
2.
Telephone
is one of manycommunication tools in this world.
3.
People
find the difficulty of communication.
·
Mendiskusikan
materi tentang adjective clause dan dan mengerjakan tugas pada activity 7 dan 8.
Activity7:
Arrange these words
into sentence. Begin with the words in capitals
1.
Which
/ the music / we / listened / wasn’t / good / last night.
2.
The
boy / is watching / who / who / television / my cousin / is
3.
We
/ aet / the food / that / is / delicious.
4.
That
/ we bought / the television / was /
expensive / yesterday
5.
We
/ like / is wonderful / the program / which.
Key answer:
1.
The
music is which we listen last night wasn’t good.
2.
The
boy who iswatching television is my cousin
3.
The
food taht we eat is delicious
4.
The
television taht we bought yesterday was expensive.
5.
The
program which we like is wonderful.
Activity 8:
Fill in the balnks inthe following sentence with
who, which, or that. These may be more than one possiblity.
1.
The
girl _______ called me this morning is my best friend.
2.
The
magazines ________ I read were good.
3.
The
picture ________ she was looking at was beautiful.
4.
The
man ________ is standing over there is my father.
5.
The
guy ________ always listens to the radio is my friend.
Key answeer.
1.
Who
2.
Which
3.
That
4.
Which
5.
Who
·
Activity
9. Siswa mendengarkan teks dan menentukan benar atau salah pernyataan yang
diberikan.
Activity 9:
1. Do you know what communication means? Let me
tell you, communication means to give or exchange informasion, news, ideas, or
massages by speech or writing.
2. And what is communication
itself? You know, communication is the sending of information from one person
to another, or the exchange of such information between people.
3. How the people keep in touch? The
mean way people keep in touch which one another is by
speaking. Two people can communicate in this way when they are near to one
another.
4. Do you know what hot news is? Nowadays, we
can news electronic instruments like telephone, and television as a means of communication.
5. Tell me how if we don’t have telephone or
radio. We can still communication.
6. When did writing begin?
Writing began when mean use pictures to show their thoughts to others.
Nowadays, wriring has become a very vital means of communication. Newspaper,
magazines, books, and other printed materials use writing.
Activity 9
You are going to listen to a text
about communication. Listen to the next carefully. Decide whether the following statements are true or false
based on the text.
1.
Communication
means to exchange information, ideas, news, or messages.
2.
The
way people exchange information is only by speaking.
3.
Speaking
is the main way for people is exchange information.
4.
People
can’t communicate nowadays.
5.
Television
can’t be used as a means of communication.
Key Answer:
1. T
2. F
3. F
4. F
5. F
·
Mengidentifikasi
informasi lisan dan memilih kata yang benar dari 2 kata yang diberikan sesuai
dengan informasi dalam teks lisan.
·
Bacakan
text lisan, siswa mengisi tabel pada Activity 10.
Activity 10:
Listgen to your teacher. Then,
choose the correct word he or she pronounces.
1. ( ) gift
(
) given
2.
(
) words
( ) world
3. ( ) two
( ) to
4. ( ) steal
( ) still
5. ( ) saw
( ) show
Key answewr
1. Gift 2. World 3. Two 4.
Still 5. Show.
v Kegiatan Akhir:
·
Siswa
diminta untuk menuliskan adjectiveclause
dan menjelaskan mana main cluse dan
mana indenpendent clausesnya.
VI.
Penilaian:
a.
Nontes
b.
Bentuk
instrument
1.Performance 2. Penugasan
C.
Pengukuran Kemajuan Siswa.
1. Pengerjaan tugas 2. Keaktifan dalam kelompok.
|
SMP
: SMP Negeri
...Langsa
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: IX / Ganjil.
Standar
Kompetensi : 4. Speaking
Mengungkapkan makna dalam teks
lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar : 4.2.
Mengungkapkan makna dalam mnonolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima, untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure.
Indikator :a.
Mengungkapkan setiap kata baru dengan tekanan dan intonasi yang benar.
b. Membuat dialogue dan memprakteknya kedepan
kelas.
c. Melakukan tanya jawab tentang petunjuk
arah jalan.
I.
Tujuan Pembelajaran : Setelah
pembelajaran siswa mampu :
a. Mengucapkan kata baru dengan
tekanan dan intonasi yang benar.
b. Melakukan tanya jawab tentang
petunjuk arah jalan.
c. Membuat dialogue tentang
menanyakan dan menunjuk arah jalan.
II. Materi
Pembelajaran : a. Topik : How do you reach the
place
b. Sumber : Unit 4 / Internet
c. Alat bantu : Gambar
d. Language function : Expression asking and giving direction
III.
Alokasi Waktu : 4 x 40
Menit
IV.
Metode Pembelajaran :
Suggectopedia
V.
Langkah-langkah (skenario) kegiatan pembelajaran
v
Kegiatan
awal
·
Greeting
·
Tanya
jawab tentang berbagai hal terkait topik atau tema
v
Kegiatan
inti
·
Guru
memberikan instruksi kepada siswa.
·
Siswa
mendengarkan instruksi yang disampaikan oleh guru.
·
Guru
memanggil 5 (lima) orang siswa kedepan sebagai volunteer.
·
Guru
memberi instruksi kepada 5 (lima) volunteer untuk memainkan peran.
·
Siswa
memainkan peran berdasarkan instruksi dari guru.
·
Guru
menjelaskan tentang kata-kata yang digunakan dalam percakapan yang telah
disediakan.
·
Guru
menjelaskan “How to asking and giving direction?”
·
Guru
meminta siswa untuk membuat dialogue secara berpasangan dengan tema “How to
reach place?”
·
Guru
meminta siswa untuk mempraktekkan kedepan kelas.
·
Guru
memuji siswa
Example
:
Directions
Amelia : hi Andre, where the right way to Cot Kala?
Could you give me direction to Cot Kala?
Andre : Oh, yeah, I’ll tell you, where the right
way to Cot Kala? Now, listen to me, you can go ahead from here, and then you
will find junction, and you turn left after than you go straight ahead until to
go by bridge, and then, you find junction again and you can turn left, and
straight and finally you turn right and straight and you will find it in front
of cantin.
Amelia : Oh.. Thanks for your information, I’ll go
there now.
Andre : Yeah, be careful on the way.
Amelia : Ok, see you
v
Kegiatan
Akhir
·
Guru
menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM.
·
Guru
membuat kesimpulan tentang materi yang sudah diajarkan.
VI.
Penilaian
a.
Bentuk
Instrumen
1.
Perfomance
2.
Penugasan
b.
Pengukuran
kemajuan siswa
1.
Pengerjaan
tugas
2.
Keaktifan
dalam kelompok
PPL
..........................................
Nim : ..............................
|
SMP NEGERI ... Langsa
Kepala Sekolah
..............................................
Nip: ......................................
|
Guru Pamong
....................................................
Nip..............................................
|
SMP
: SMP Negeri ... Langsa
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: IX / Ganjil.
Standar
Kompetensi : 5. Reading
Memahami makna teks tulis
fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk procedure dan report
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar : 5.3. Merespon makna
dan langkah retorika dalam esai pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk report.
Indikator : a. Mengidentifikasi generic structure teks
berbentuk report.
b. Mengidentifikasi ide utama
sebuah paragraph berbentuk report.
c.
Mengidentifikasi ide pendukung tiap paragraph sebuah teks report.
d. Memperoleh informasi rinci dari teks yang
diberikan.
e. Mencari makna kata, prasa atau kalimat dalam
teks dengan menjodohkan.
I. Tujuan
Pembelajaran : a. Siswa dapat mengidentifikasi generic
structure teks berbentuk report.
b. Siswa dapat mengidentifikasi ide utama
sebuah paragraph berbentuk report.
c. Siswa dapat mengidentifikasi ide pendukung
tiap paragraph sebuah teks report.
d. Siswa dapat memperoleh informasi rinci
dari teks yang diberikan.
e. Siswa dapat mencari makna kata, prasa atau
kalimat dalam teks dengan menjodohkan.
II. Materi
Pembelajaran : a. Topik :
I’ve Got Hot News
b. Sumber :
Unit 4 Halaman 76 -78
c. Alat bantu :
Teks tulis
III.Waktu : 4 x 40 menit
IV.Metode
Pembelajaran : Think pair and share
V.
Langkah-langkah (Skenario) Kegiatan Pembelajaran :
v
Kegiatan
Awal
·
Activity
19. Tanya Jawab
1.
Is
there a television set your home?
2.
What
time do you usually watch TV?
3.
Do
you have a favorite TV channel? What channel?
4.
Do
you enjoy listening to music on the radio?
5.
Do
you think radio improves your knowledge as much as TV does?
v
Kegiatan
Inti
1)
Activity
20 siswa membaca nyaring teks yang diberikan.
Reading
the following text carefully
General
|
General
|
Description
|
People
use TV for fun too. Many people enjoy TV entertaiment, such as adventure
stories, comedy shows, cartoons, game shows, and movies.
TV
wasnot the invention of one person. Many scientists helped make television
possible. Experiments that led to television began in the 1800’s but TV did not
come about until the 1920’s. The first television broadcast was made in 1936 by
the British Broadcasting Corporation (BBC) in England.
2)
Siswa
mendiskusikan kata-kata atau ungkapan yang sulit yang ada dalam teks.
3)
Siswa
membaca dalam hati untuk memperoleh informasi yang diberikan.
4)
Siswa
mengerjakan latihan yang diberikan pada Activity 21, 22, dan 23.
2) Activity 21 :
In
pairs, answer the following question based on the text.
1.
What
is television?
2.
What
can TV do for many people?
3.
Is
TV only for fun? Why?
4.
When
was the first television broadcast made?
5.
What
is the main idea of the text?
3) Activity 22 :
Which one of the
following statements is true or false based on the text in Activity 20? Write T
for true and F for false in your workbook. Correct the false statements. Work
in pair.
1.
Television
is the most important medium of entertainment.
2.
Television
brings moving pictures and sound from around the world into millions of homes.
3.
Sport
events can be seen on the television.
4.
Many
people can only enjoy movies on the television.
5.
TV
was the invention of one person.
6.
People
watch TV only for fun.
7.
The
first television broadcast was made in 1939 by the British Broadcasting
Corporation (BBC).
4) Activity
23 :
Find the meanings
of the following words. Use your dictionary if necessary.
1.
Adventure (n)
2.
Broadcast (n)
3.
Entertainment (n)
4.
Event (n)
5.
Important (adj)
6.
Invention (n)
7.
Scientist (n)
5) Activity 24. Siswa mencari penjelasan dari
kata-kata yang berkaitan dengan mass
media dengan cara menjodohkan.
Activity
24:
Column A is a list of words
related to mass media. Match them with their meanings in Column B.
Column A
|
Column
B
|
1.
Reporter
2.
Advertisement
3.
Editor
4.
Program
5.
Photograph
6.
Columnist
7.
Headline
8.
Feature
9.
Subscriber
10. Editorial
|
a.
A
person who regularly writes for newspaper or magazine
b.
Television
or radio broadcast
c.
A
line at the top of page containing title
d.
Article
in a newspaper living the editor’s opinion
e.
Special
article in a newspaper
f.
Someone
who pays money regularly to receive copies of a newspaper or magazine
g.
A
person who edits a newspaper or magazines
h.
A
person a report news for a newspaper or on radio or television
i.
Picture
recorded by the action of light on film in a camera
j.
Notice
in a newspaper, on television of something
for sale
|
- Kegiatan akhir
1)
Siswa
diminta untuk mencari teks-teks yang berbentuk report, kemudian pada pertemuan berikutnya didiskusikan atau
dipresentasikan.
VI. Penilaian
a.
Notes
b.
Bentuk
Instrumen
1.
Perfomance 2. Penugasan
c.
Pengukuran
kemajuan siswa
1.
Fluency, Accuracy 2. Keaktifan dalam
kelompok
PPL
..........................................
Nim : ..............................
|
SMP NEGERI ... Langsa
Kepala Sekolah
..............................................
Nip: ......................................
|
Guru Pamong
....................................................
Nip..............................................
|
SMP : SMP Negeri .... Langsa
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
/ Semester : IX / Ganjil
Stardar Kompetensi : 6. Writing.
Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengungkapkan makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana dengan mengunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan teks berbentuk report.
Indikator : a.
Mendiskripsikan secara tertulis gambar yang di berikan.
b. Menulis paragraph sederhana
tentang pengalaman berkunjung ke suatu tempat.
c. Menyusun kalimat acak menjadi paragraph
berbentuk report.
d. Menulis kartu identitas.
I. Tujuan Pembelajaran : a. Siswa dapat Mendiskripsikan secara tertulis
gambar yang di berikan
b. Siswa dapat Menulis paragraph sederhana tentang
pengalaman berkunjung ke suatu tempat.
c. Siswa dapat Menyusun kalimat acak menjadi
paragraph berbentuk report.
d. Siswa dapat Menulis kartu identitas.
II. Materi Pembelajaran : a. Topik :I’ve
Got HOT News.
b. Sumber : Unit 4 / Halaman 78-81.
c. Alat Bantu :Teks tertulis, gambar, benda nyata
seperti kartu angota.
III.
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
IV.
Metode Pembelajaran : Model
pembelajaran pengajaran langsung.
V.
Langkah-langkah (skenario) Kegiatan Pembelajaran:
v
Kegiatan
awal:
·
Activity
25. Tanya jawab.
1.
Do
you know what the symbols represent?
2.
What
do you think each symbol means?
3.
Where
would you except too see each of these symbols?
v
Kegiatan
Inti:
·
Activity
26. Siswa mempelajari gambar yang di sediakan, kemudian menuliskan, maksud dari
tanda gambar-gambar tersebut.
·
Activity
27. Siswa mempelajari gamba yang
disediakan, kemudian menulis jawaban dari pertanyaan yang di berikan.
Activity
27.
Work
in pairs. Study the following texts. Then, answer the question based on the
signs.
Manager only
Keep out
No smoking
Do not feed Animal
1. Where do you usually find the
simbols?
2. What do you they mean? Write down
their meaning.
3. Do you find the same signs in
your neighbourhood?
4. What signs do you usuallly find
in your neighbourhood?
·
Activity
28. Siswa mempelajari generic structure
dari sebuah paragraph berbentuk report.
Activity 28.
Study
the following the paragraphs.
General statements
|
The
antenna,or aerial, is a piece of wire of wire or metal. An antenna can pick up
the radio waves. The antenna maybe inside the radio,or part of it maybe outside
the radio,but connected to it.
Descriptions
|
A
radio’s speaker changes the electric signals
from a ststion back into the sounds that were broad cast.
·
Siswa
mengisi tabel tentang frequensi siswa dalam menggunakan mass media.
Acctivity
29.
Your friend’s name
|
television
|
radio
|
Newspaper
|
Internet
|
Magazine
|
|
|
|
|
|
|
·
Activity
30. Siswa menyusun kalimat-kalimat yang diberikan menjadi sebuah paragraph
berbentuk report.
Activitty
30.
Arrange the
following sentences into paragraph.
a.
The
telephone is one of the most valuable ways of doing business and keping in
touch.
b.
A
person can telephone someone across the street or across the world in just a
fwe seconds.
c.
The
telephone is machinethat sends and receives voice message.
d.
But
telephone send message with radio signals.
e.
Most
telephone carry message through electric signals.
·
Activity
31. Siswa mendiskripsikan secara tertulis salah satu hasil karya seninya.
Activity 31.
Do
these activities on your own.
1.
Choose
your own artwork from your art class.
2.
Write
a brief description about your work.
·
Siswa
menulis paragraph tentang mass media dengan structure yang diminta pada activity
32.
·
Siswa
membaca sebuah pengumuman dan menjawab pertanyaan yang diberikan.
·
Siswa
menulis paragraph sederhana dengan topik yang diberikan.
v
Kegiatan
Akhir:
·
Siswa
diminta untuk mencari teks-teks yang berbentuk report, kemudian pada pertemuan berikutnya didiskudikan atau
diprestasikan.
VI.
Penilaian:
a.
Notes.
b.
Berbentuk
Instrument
1.
Performance
2.
Penugasan.
c.
Pengukuran
kemajuan siswa.
1.
Fluencey,
accuracy
2.
Keaktifan
dalam kelompok.
|
Silakan Di COPAS and Di edit (Saya Izinkan) dengan bahasa sendiri, ini bukan berarti saya melegalkan Plagiat, tapi ini hanya sekedar sharing ilmu dan tata cara buat LAPORAN HASIL PPL kalian.
0 comments:
Posting Komentar