-->

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Posted by Sarjana Ekonomi on Kamis, 03 Mei 2012


Malam ini saya ingin sharing Ilmu tentang Dunia Perkuliahan, disini saya menyajikan contoh Laporan atau RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang melaksanakan PPL di Tingkat SMP, kebetulan saya mengetik RPP ini buat 3 (tiga) orang Mahasiswa, Makanya saya memberanikan diri untuk NGEPOST di blog yg sederhana ini.
CHECK IT OUT.....!!! Taaa daaaaaaaa....

 
 
SMP                             :  SMP Negeri ... Langsa
Mata Pelajaran             :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester             :  IX/Ganjil

Standar Kompetensi           : 3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpesonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar              : 3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam  bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan.

Indikator                            : a. Tanya jawab dengan menggunakan ungkapan yang menunjukkan kepastian dan menanggapi keraguan.
                                             b. Membuat dialog sederhana sendiri dan mempresentasikannya dengan ungkapan kepastian dan keraguan.
                                             c. Siswa dapat mengucapkan dengan benar kata-kata yang mengandung bunyi /O/ dan bunyi /Ô/.


I. Tujuan Pembelajaran      :a. Siswa dapat melakukan tanya jawab dengan menggunakan ungkapan yang menunjukkan kepastian dan menanggapi keraguan.
                                         b. Siswa dapat membuat dialog sederhana sendiri dan mem     presentasikannyadengan ungkapan kepastian dan keraguan.
                                         c. Siswa dapat mengucapkan dengan benar kata-kata yang mengandung bunyi /O/ dan bunyi /Ô/.

II. Materi pembelajaran      : Topic                         : I’m sure it’s good book
                                           Sumber                     : Contextual English, Unit I / halaman 7-11.
                                           Alat peraga               : Gambar,  table, teks tertulis.
                                           Language functional :Expressions showing certainty and uncertainty

III. Alokasi waktu              : 4 x 45 menit

IV. Metode Pembelajaran   : CTL (Contekstual Teaching and Learning)

V. Langkah-langkah (Skanario) kegiatan pembelajaran.
v  Kegiatan Awal  :
·         Mengucap salam
·         Mengabsen dan
·         Mengulangi pelajaran yang telah di pelajari
Kemudian, tanya jawab secara lisan:

1.      When you are  sure about something, what doyo usually say?
2.      In what kind of situation do you usually that?
3.      When you are not sure about somthing, what do you usually say?
4.      In what kind of situation do you usually taht?
v  Kegiatan Inti     :

1.      Siswa mempelajari dan membaca dialog.

Situation : Benny meets Reni in the school cafeteria. He need to borrow a book from Reni.
Benny      : Hey, Reni. I really need a book about geography. Do you have one?
Reni       : I do. But I don’t have it here. It’s in my home.
Benny    : Oh, I see. Mm... Will it be okay if come to your house to take the book later this afternoon?
Reni         : Yes, it’s OK.
Benny      : Are you sure?
Reni         : Yes, I’m positive.
Benny      : OK. Then. Thanks I’ll see you later.
Reni         : OK.See you.

2.      Siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
·         What does Benny need?
·         Does Reni have it?
·         Is Reni sure that it will be okay for Benny to come to her house.

3.      Siswa mempelajari dan membaca dialog.

Mother    : I really want to read a new recipe book. But I have no time to go to the book store.
Ryan       : Recipe book, Mum?
Mother    : Yes are there any recipe books in your school library?
Ryan       : I don’y knoew, Mum, I’m not sure.
Mother     : Well, I just thought that students would need recipe books for same project assignment.
Ryan       : Yes, You’re right, Mum. I’ll try to look for the book for you, Mum.
Mother    : OK, thanks, Son.
Ryan       : My pleasure.

4.      Siswa menjawab pertanyaan.
·         What does Ryan’s mother need?
·         Does Ryan know is there is a recipe book in the school library?
·         Is he Sure?
·         What does he say?

5.      Siswa mempelajari ungkapan mengenai perasaan kepastian dan keraguan.
Asking if someone is sure about something.
Are you sure?
Are you certain?
Are you quit sure?
Are you quit sure about...?
Definitely?
You’re sure?
Really?
Positive?
Do you mean to say...?
And there’s not doubt in your mind about that?
Is there any doubt about...?
Saying you are sure
I’m sure...
Im’m quit sure...
I’m absolutely/ fairly sure....
I’ve no doubt....
I’m absolutely/ fairly certain....
I know....
I’m sure/ certain about...
I’ve no doubt about....

Saying you are not sure
I’m not sure.....
I can’t say for certain.
I’m not too sure....
I could’nt say,...
I can’t make up my mind...
I can’t decide.....
I’m not really sure...
I’m not really sure about....
I’m in two minds...

6.      Siswa diminta membuat dialog sederhana dengan mengungkapkan kepastian dan keraguan dan secara berpasangan mempraktekannya.
7.      Siswa diminta membuat dialog sederhana dengan topic yang disediakan dan secara berpasangan mempraktikannya.
8.      Siswa di latih mengucapkan kata-kata yang mengandung bunyi /O/ dan bunyi /Ô/.
Repeat after your teacher.

/ O /
/ Ô /
Thirty
They
Thick
This
Something
Other
Mouth
Father
Month
Mother

9.      Siswa di latih mengucapkan kata-kata dengan bunyi / O / dari daftar kata yang di berikan oleh guru.

a.       Panther
b.      Nothing
c.       Eart
d.      Their
e.       Cloth
f.       Thunder
g.       These
h.      Feather
i.        Birthday
j.        Think



10.  Siswa memilih kata-kata yang bnyi / Ô / dari daftar kata-kata yang diberikan oleh guru.

a.       Then
b.      Weather
c.       Thumb
d.      Third
e.       Without
f.       Tooth
g.       Mother
h.      Mouth
i.        Thouse
j.        Path



11.  Penilaian
A.     Nontes
B.     Bentuk Instrument
·         Performance
·         Penegasan
C.     Pengukuran kemajuan siswa
·         Pengerjaan tugas
·         Keaktifan dalam kerja kelompok



SMP NEGERI .... Langsa
Kepala Sekolah




...............................................
Nip: ............................................

PPL




......................................
Nim : ............................

 

 

Guru Pamong




................................................
Nip.........................................

                                                                                                           




SMP                              : SMP Negeri .... Langsa
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas / Semester            : IX / Ganji

Standar Kompetensi         : 5. Membaca
                                          Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana  berbentuk procedure dan report untuk brinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar            : 5.1. Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esey pendek
                                           Sederhanaberbentuk procedure dan report dengan ucapan, tekanan     dan intonasi yangberterima.

Indikator                          : a. Mengidentifikasikan ide utama sebuah paragraph berbentuk report.
                                                     b. Mengidentifikasikan ide pendukung setiap paragraph dari sebuah teks report.
                                              c. Memperoleh informasi rinci dari teks yang diberikan.
                                              d. Mencari makna kata, frasa, atau kalimat dari teks yang di berikan.

I. Tujuan Pembelajaran    : a. Siswa dapat mengidentifikasikan ide utama sebuah paragraph   berbentuk report.
                                           b. Siswa dapat mengidentifikasikan ide pendukung setiap paragraph dari sebuah teks repor.
                                           c. Siswa dapat memperoleh informasi rinci dari teks yang diberikan memperoleh informasi rinci dari teks yang diberikan
                                           d. Siswa dapat Mencari makna kata, frasa, atau kalimat dari teks yang di berikan.

II. Materi Pembelajaran    : a. Topic                 : I’m sure it’s Good Book
                                           b. Sumber             : Unit 1 / Halaman 11- 13
                                           c. Alat Peraga       : Teks tertulis.

III. Waktu                        : 4 x 40 menit

IV. Metode Pembelajaran        : CTL (Contextual Teaching and Learning)

V. Langkah- langkah (skenario) Kegiatan Pembelajaran:
v  Kegiatan Awal:
·Memberi salam
·Mengabsen.

1.Activity 22. Tanya jawab
·Does your school have a library?
·What is library for
·Do you usally go there? When?

v  Klegiatan inti:
1.      Activity 23. Siswa membaca nyaring teks yang diberikan.
Junior High School Librry

There are libraries at junior high school level (typecally grades seven through nine). They concentrate on maintaning student’s interested. To gain information and to develop ideas are the interests. Classes at this school level usally introduce students to individual and small group research projects.

Libraries at junior hight school level differ in several ways from libraries at elementary level. It is because classes at the high school level require student to do more research.

Junior high school libraries usually offer large and more varied collections than libraries at the alementary level. It is to support clasroom assignments.

High school libraries usually have larger and more advanced collections than libraries at elementary school. They also often add the collections with computer database and more modern tools of biography.

The buildings or the rooms of the libraries at junior high school level are usually larger, too. The most complete high school libraries have computer labs, profesional reference resources for teacher, group study ares and classrooms in the library.

2.      Siswa mendiskusikan kata-kata atau ungkapan yang sulit yang ada dalam teks.
3.      Siswa membaca dalam hati untuk memperoleh informasi yang di berikan.
4.      Siswa mengerjakan latihan yang diberikan pada activity 24 dan 25.

Activity 24:
ON
Column A
Column B
1
Accommodate
a.     Contain
2
Include
b.    Supply
3
Guidance
c.    Need
4
Require
d.    Basic
5
Elementary
e.    Advice
6
Resources
f.     Capability

                      Activity 25:
  Answer the following questions based on the text.
1.      What is the text about?
2.      What do libraries at junior high school level concentrate on?
3.      What are the student’s interests?
4.      Why do libraries at high school level differ from libraries at elementary level?
5.      What do the students use to support their classroom assignmenbts?
6.      Do libraries at elementary school level have more advance collection than junior high school?
7.      What is the main idea of the text?
8.      Identify the main idea and supporting ideas of each paragraph. Write them on the table in your work book.

Paragraph
Main Idea
Supporting Ideas
1


2



v  Kegiatan Akhir.
·         Siswa diminta untuk mencari teks-teks yang berbentuk report untuk di ddiskusikan atau dipresentasikan.

Key Answer:
Ativity 24
1.      B
2.      A
3.      E
4.      C
5.      F
Activity 25:
1.      Libraries at junior high school.
2.      On maintaining student’s interests.
3.      Togain information and to develop ideas.
4.      Because, classes at the high school level require students to do more resech.
5.      Larger and more varied collection library.
6.      Yes, they do
7.      They add computer database and more modern tools of bibligraphy.
8.      N0, they aren’t.
9.      High school libraries.
10.  The answers many vary.
  VI.  Penilain:
a.       Notes
b.      Bentuk Instructure
1)      Performance
2)      Penegasan
c.       Pengukuran, Kemajuan siswa
1)        Fluency, Accuracy
2)        Keaktifan dalam kerja kelompok;.


SMP NEGERI ..... Langsa
Kepala Sekolah




..................................................
Nip: ......................................

PPL




...........................................
Nim : ..................................




Guru Pamong




................................................
Nip......................................

                                                                                                     




SMP                   : SMP Negeri .... Langsa
Mata Pelajaran   : Bahasa Inggris
Kelas/Semester  : IX / Ganjil

Standar Kompetensi              :   6. Writing.
                                                  Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.   
Kompetensi Dasar                :  6.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional     pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Indikator                               :   a. Mendicripsikan secara tertulis gambar yang diberikan.
                                                 b. Menulis paragraph sederhana tentang pengalaman berkunjung ke suatu tempat.
                                                 c. Menyusun kalimamt acak menjadi paragraph berbentuk report.
                                                 d. Menulis kartu identitas.
I. Tujuan Pembelajaran           : a. Siswa dapat mendiscripsikan secara tertulis gambar yang di berikan.
                                                b. Menulis paragraph sederhana tentang pengalaman berkunjung ke suatu tempat.
                                                c. Siswa  dapat menulis kartu identitas.
II. Materi Pembelajaran           : a. Topik          : I’m Sure It’s a Good Book
                                                 b. Sumber      : Unit 1/Halaman 13-16
                                                                             c. Alat Bantu  : Teks tulis, gambar, benda, nyata seperti kartu  anggota perpustakaan
III. Waktu                               : 4 x 40 menit
IV. Metode Pembelajaran                    : Think pair and share
V. Langkah-langkah (scenario)  kegiatan pembelajaran
v  Kegiatan awal
·         Task 26 tanya jawab
1.    What does the picture tell you about?
2.    Have you found one  of these in your town?
3.    Do you think it is useful or not? Whay?
v  Kegiatan Inti
·         Activity 27. Siswa mepelajari gambar dan kata-kata yang di sediakan, kemudian mendiskripsikannya.
           Study the following picture in pairs. Then, describe the situation given in the picture. Use the following words/phrases.
1.      School library
2.      Two sections
3.      Reference section
4.      Collection section\
5.      Students
6.      Borrow the books
7.      Check out
8.      Return the books
9.      Librarian
10.  On time
11.  Late
12.  Get fine

·         Siswa menulis pengalamannya pergi keperpustakaan sekolah
Work in pairs. Go to the library and choose a book about the library. Read it and then write a conclution of it. Write your ideas firts create your paragraph.
General atatement _________
Discriptions ______________

·         Siswa diminta menyusun kalimat-kalimat menjadi sebuah paragraph berbentuk report.
Arrange the sentences into a report text.
1.      Public libraries also serve people with special needs and interests.
2.      People of all ages can find information and learn about community activities and a public library.
3.      Public libraries serve all people in community, town, including childrend.
4.      Libraries help young people and adults learn about different jobs or carrier.
5.      Many public libraries have class to help people learn English or how to read.

Key answer: 2- 3- 1- 4 -5

·         Siswa mengisi formulir kartu keanggotaan perpustakaan.


Library Member Card

Nama                          : ______________
Student No.                : ______________
Library Member No.: _______________
Valid                           : ______________
Signature                   : ______________
Note  
                       
·      Bring and show this card to the librarian went you want to return and borrow books.
·      Fine will be charged if return the books very late.




v  Kegiatan Akhir.
·      Siswa diminta untuk mencari teks-tks yang berbentuk report untuk diskusikan atau dipresentasikan.
·      Kesimpulan dari pembelajaran tersebut.


VI. Penilaian.
a.       Notes.
b.      Bentuk instrumen
1.      Performance
2.      Penugasan
c.       Pengukuran kemajuan siswa.
1.      Keaktifan dalam kelompok.

PPL




..........................................
Nim : ...........................

 

                                                           


Guru Pamong




...................................................
Nip................................................

SMP NEGERI..... Langsa
Kepala Sekolah




.................................................
Nip: .................................

                         




SMP                   : SMP Negeri ..... Langsa
Mata Pelajaran   : Bahasa Inggris
Kelas/Semester  : IX / Ganjil

Standar Kompetensi              :   1. Listening
                                                  Memahami makna dalam percakapan transaksional dan  interpesonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar                :    1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara secara akurat, lancar dan berterima untukberinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian dan menyatakan kekeguman.
Indikator                               :  a.  Merespon dengan ungkapan yang menunjukkan pengulangan        perhatian dan kekaguman.
                                              b. Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang ada di dalam teks lisan.
                                                c.  Melengkapi dialog denagn informasi yang ada di dalam teks lisan.
I.  Tujuan Pembelajaran        : a.  Siswa dapat merespon dengan ungkapan yang menunjukkan   pengulangan, perhatian dalam kekeguman.
b.  Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang ada di dalam teks lisan
c.  Siswa dapat melengkapi dialog dengan informasi yang ada di dalam teks lisan.

II.   Materi Pembelajran          :  a. Topik           : You are Terrific
                                           b. Sumber        : Unit 2 / halaman 18-19
                                           c. Alat Peraga   : Gambar, Tabel, dan teks tertulis
                                           d. Grammar     : Use of would (Modal)

III. Waktu                             : 4 x 40 menit

IV.     Metode Pembelajaran   : CTL (Contextual Teaching and Learning)

V.  Langkah-langakah (scenario) kegiatan pembelajaran.
v  Kegiatan Awal: Tanya jawab materi pada activity I:
1.    Have you ever paid attention to your friends work?
2.    What kind of works is it?
3.    What is the most interesting of the work?
4.    Do you have any work to show to your friend?
5.    What kind of work is it?

v  Kegiatan Inti
1.      Siswa mendengarkan infornasi lisan, kemudian merespon dengan ungkapan yang benar. Pada activity 2.

1.    I have got a for maths:
a.       That’s good!
b.      Pardon me?

2.      I can;t come your house this afternoon.
a.       I am sorry i can’t hear you
b.      You are great

3.      I didn’t sleep well last night
a.       You are terrific
b.      That’s not good

4.      Can I borrow your novel?
a.       I am sorry, what did you say?
b.      I don’t want to hear you

5.      There so many people hear
a.       Be quite
b.      Can you repeat again?

2.      Activity 3. Siswa mendengar dialog lisan, kemudian melengkapi dialog rumpang pada task 3 serta menjawab pertanyaan pada activity 4

Activity 3:
Tony           : Hendry! I can’t belive it’s you. You look 1  ________!
Hendry        : Tony? Wow ! I haven’t see you since 2  ___________. How are.
Tony           : I am 3 _______. Thaks. You are right too, aren’t you?
Hendry        : Yes I am. Where do you live noe?
Tony           : I still live in this town, by the way, do you still paint?
Hendry        : I do. Here is one of my paintings.
Tony           : Wow 1 it is 4 _______  hat is the tittle of this painting
Hendry        : It is “Mom and I”
Tony           :It is a good tittle. You are so great to have a talent in painting.
Hendry        : Thanks, Tony.
Activity 4.
  Now, answer yhe quistions based on the complete dialog.
1.      How many persons are there in the dialog?
2.      Who are they?
3.      Who is great in painting?
4.      What did Tony say to show his attention of Hendry’s painting?

3.      Siswa diminta membaca dialog lisan kemudian menjawab pertanyaan yang pada activity 5. Dalam bentuk kelompok.
Activity 5.
Dialog:

Rina            : Hi, Betty. How is life?
Bety            : Hi, Rina. I’m ok. How about you?
Rina            : I’m fine. I want to invite you to my birthday.
Bety            : It will be fun. When is it?
Rina            : Next week. Here is the  card invitation.
Bety            : Wow, this card is so sweet, the  colour is so interesting.
Rina            : Thank I will wait your coming
Bety            : Ok.


Question:
1.      How many people are there in the dialog?
2.      Who are they?
3.      What are they talking about?

v  Kegiatan Akhir:
Siswa diminta untuk menuliskan use of modals yang lain, kemudian mempresentasikan pada pertemuan berikut. Kegiatan ini biasa dikejakan secara kelompok atau induvidual

VI.              Penilaian
Teknik penelitian:
Pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

No
Uraian
Skor
1

2
Setiap jawaban yang benar

Tidak menjawab
10

0


SMP NEGERI ..... Langsa
Kepala Sekolah




.................................................
Nip: ............................................

PPL




................................................
Nim : ...............................

 
 
Guru Pamong




...................................................
Nip................................................

                                                                                                                     



SMP                              : SMP Negeri .... Langsa
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas / Semester            : IX / Ganjil

Standar Kompetensi           : 3. Speaking.
                                             Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar              :  3.2 Mengungkapkan maknadalam percakapan transaksional ( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian dan menyatakan perhatian / kekaguman.
Indikator                            : a. Tanya jawab dengan menggunakan ungkapan yang menunjukan perhatian, kekaguman dan pengulangan.
                                             b. Membuat dialog sederhana sendiri dan mempresentasikannya     dengan ungkapan yang menunjukkan pengulangan.
I. Tujuan Pembelajaran     : a. Siswa dapat menggunakan ungkapan yang menyatakan  pengulangan dalam berbicara.
 b. Siswa dapat membuat dialog sederhana sendiri dan mempresentasikannya dengan ungkapan yang menunjukkan pengulangan.
     
II.   Materi Pembelajaran      : a. Topik                           : You are terific
               b. Sumber                       : Unit 2 / Halaman 19-23
             c. Alat Peraga                  : A colour rod
                                           d. Language Function       : Expression repeatation

III. Alokasi Waktu              : 2 x 40 menit

IV. Metode Penbelajaran         : - The silent way
                                             - Work in pair
V. Langkah- langkah (skenario) kegiatan pembelajaran.
v  Kegiatan Awal:
a.       Tanya jawab secara lisan dengan materi pertanyaan.
-  Are you happy to day?
-  Have you breaktast?

b.      Mengulang pelajaran yang sebelumnya (yang telah diajarkan) dengan pertanyaan:
-  What did you know about the last lesson?

v  Kegiatan Inti:
a.       Siswa mendengarkan intruksi dari guru dengan memperlihatkan alat bantu / alat peraga (a colour rod).
b.      Siswa menyebutkan / melakukan intruksi yang telah diberikan.
c.       Siswa melakukan speaking a loud berdasarkan dialog yang telah diberikan dan dilakukan  oleh seluruh siswa.
Dialog:

Nina     : Hi .... Donny? I’m very tired today?
Dony    : Pardon? Sorry, I don’t catch what you said?
                can you repeat more?
Nina     : Yes, I said that I’m tired
Dony    : Tired? What did you make tired?
Nina     : Sorry, Could you repeat once again?
Dony    : Just now, I said what did you make tired?
Nina     : Oh... I moved the books to the library
Dony    : Mmmm... I think you can take a rest
Nin       : What? Taking a rest?
Dony    : Yes, that’s right
Nina     : Oh... you are so good
Dony    : It is ok.

d.      Siwa dibagi dalam dua kelompok dalam melakukan speaking a loud
e.       Siswa diminta membuat sebuat dialog sederhana dengan menggunakan ungkapan yang telah mereka pelajari, kemudian mempresentasikannya secara berpasangan.

v  Kegiatan Akhir:
a.       Guru memberikan ucapan “Well doen”, “good job” atau sebagainya agar siswa termotivasi.
b.      Guru menyuruh siswa untuk mengulang kembali pelajaran dirimah dalam melakukan speaking dengan menggunakan ungkapan yang telah dipelajari.
VI.    Penelitian:

1.      Bentuk Instrument
a.       Performence:
-   Intonasi
-   Pronunciation
-   Fluency
-   Accuraly
-   Keaktifan dalam kerja kelompok

PPL
                                                                                             



......................................
Nim : ............................


SMP NEGERI .... Langsa
Kepala Sekolah




...............................................
Nip: ...................................

Guru Pamong




................................................
Nip.........................................

 


SMP                               : SMP Negeri ..... Langsa
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas / Semester            : IX / Ganjil
 
Standar Kompetensi                : 5. Reading.
Memahami makna teks tertulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar                   : 5.3 Merespon makna dan langkah retorisika dalam esey pendek sederhana secara akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure.
Indikator                                 : a.  Membaca nyring dengan intonasi, pronuciation yang lancar.
b.    Memperoleh infornasi rinci dari teks yang diberikan.
c.    Meneasi makna kata, frasa atau kalimat.
d.    Mengidentifikasi ide utama sebuah teks tertulis.

I. Tujuan Pembelajaran                       : a.   Siswa dapat mengidentifikasi ide utama dalam teks.
                        b.  Siswa dapat membaca denagan nyaring dengan intonasi dan pronunciation yang lancar.
                        c.  Siswa  dapat memperoleh informasi dalam teks tertulis.
                       d.  Siswa dapat menemui makna kata, frasa atau kalimat didalam sebuah teks tertulis.

II.   Materi Pembelajaran           : a. Topik                      : You are Territic
                                             b. Sumber                  : Interned
                                             c. Alat peraga            : Teks tertulis

III.Alokasi Waktu                   : 4 x 40 menit
IV. Metode Pembelajaran        : a. GTM (Grammar Translation Method)
                                                 b. Jicsaw
V. Langkah-langkah (skenario) kegiatan pembelajaran.
v  Kegiatan awal
a.       Tanya jawab dengan materi pertanyaan:
-  Have you make a cake ?
-  What do you need to make a cake?

v  Kegiatan Inti:
a.       Siswa mendengarkan instruksi dari guru bagaimana membaca dengan benar.
b.      Siswa diminta membaca teks tertulis dengan nyaring.

Betty botter bought a bit of butter
The butter Betty botter bought was a bit bitter
And made her batter bitter
But a bit of better butter makes better batter
SoBetty botter bought a bit of better butter
Making Betty botter’s bitter batter better
Betty botter’s batter became bitter
Did Betty botter buy the butter?

c.       Siswa dibagi empat kelompok untuk membaca nyaring secara bergantian.
d.      Salah satu dari siswa diminta untuk membaca sebuah teks tertulis.
e.       Siswa diminta untuk mngartikan teks tertentu tersebut dalam berkelompok. Kemudian, Siswa diminta menemukan informasi dan tugas yang telah diberikan.
f.       Siswa diminta bertukar informasi antara satu dengan yang lainnya.
g.       Siswa diminta untuk membacakan hasil informasi yang mereka dapat.

v  Kegiatan Akhir:
a.       Guru memberikan ucapan : Good job” “Well done” dan sebagainya agar siswa termotivasi.
b.      Game.
VI. Penilaian:
a.       Bentuk Instrument:
1.    Pronunciation.
2.    Intonation
3.    Accurasy
4.    Fluency
b.      Pengukuran kemajuan siswa
1.      Pengerjaan tugas
2.      Keaktifan dalam kerja kelompok


PPL




..........................................
Nim : .................................

                                                                                         
SMP NEGERI ..... Langsa
Kepala Sekolah




..............................................
Nip: .....................................


                                                                                                   
Guru Pamong




....................................................
Nip.......................................

                                                                                                   

 



SMP                               : SMP Negeri .... Langsa
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas / Semester            : IX / Ganji

Standar Kompetensi                 : 6. Menulis
                                                 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar                       : 6.1 Mengungkapakan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Indikator                                  : a. Menyusun kalimat procedure yang belum beraturan.
                                                  b. Menyusun kata-kata hingga membentuk kalimat procedure.

I. Tujuan Pembelajaran            : a. Siswa dapat Menyusun kalimat procedure yang belum
                                               Beraturan.
                                                       b. Siswa dapat Menyusun kata-kata hingga membentuk kalimat
                                                           procedure.
    
II.       MaPembelajaran               : a. Topic         : You are tersific
               b. Sumber     : Unit 2 / halaman 39

III.     Alokasi Waktu                  : 4 x 40 menit

IV.    Metode Pembelajaran       : CTL (Contextual Taeching and Learning)

V.       Langkah-langkah (skenario) kegiatan pembelajaran:

v  Kegiatan awal:
a.   Tanya jawab dengan materi pertanyaan:
-   Did you over cook?
-   What did you cook?

v  Kegiatan Inti:
-       Guru menjelaskan tentang topic yang akan di bahas.
-       Siswa diminta untuk menyusun kalimat procedure yang belum beraturan hingga         membentuk teks procedure.
Arrange these sentence cooking an egg.

Step:

1.    Give it a bit of salt and chillie
2.    Finally,it is frefared and it can be atc.
3.    Then, out an egg of thr shell and it enters in the bowl.
4.    After that, it enters in the fried pan
5.    Frist, enter a bit of oil in the friid pan


Key ward :
a.       5
b.      3
c.       1
d.      4
e.       2

v  Kegiatan Akhir:
a.       Guru membuat kesimpulan tentang topik yang dibahas.

VI.    Penilaian                           :
-   Pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung

Uraian
Skor
Setiap jawaban yang benar
Tidak menjawab dan salah
10
0


PPL




.....................................
Nim : ..................................



SMP NEGERI .... Langsa
Kepala Sekolah




.................................................
Nip. .............................................

Guru Pamong




..........................................................
Nip...................................

                                                                                                         
 



SMP                               : SMP Negeri ... Langsa
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas / Semester            : IX / Ganjil

Standar Kompetensi            : 7. Menulis.
Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional pendek  sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasa                : 7.1 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam kenteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report.

Indikator                             : a. Membantu membuat surat sederhana.
                             b. Menulis sebuah surat dengan mengunakan Temporal      conjunction, seperti: Firts, Second, Then, After that, dan Finally.

I.          Tujuan Pembelajaran   :   a.  Siswa dapat membuat sebuah surat sederhana.
                         b. Siswa dapat menulis sebuah surat denagan menggunakan Temporal conjunction, seperti: Firts, Second, Then, After that, dan Finally.

II.       Materi Pembelajaran    :      a. Topik                  : You are terrific
                                          b. Sumber               : Unit 2 / halaman 33
                                          c. Alat peraga         : Teks tertulis
                                          d. Grammar            : Simple past tense

III.     Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit

VII.  Metode Pembelajaran   : CTL
V.   Langkah-langkah (skenario) kegiatan pembelajaran:
v Kegiatan Awal:
-  Mengulang pelajaran yang telah di ulangi.
v Kegiatan Inti:
-  Guru menjelaskan tentang topik yang akan di bahas.
-  Siswa di minta menemukan temporal conjunction seperti: Firts, Second, Then, After that, dan Finally.
Pada activity 32:

Activity 32.
17 Hamman street

Bandung
Indonesia
4 th March 2007

Dear Anti,

Thank you foryou last letter. It was so interesting to hear about your school day. It sounds much nice than our school.
     Let me answer your question about my holidays. It was my best holiday in my life. First, we planed to go to Yogyakarta. Then, we decided to go  by bus, because we wanted to enjoy the trip.
     The trip was so exciting. It took eight hours to reach Yogyakarta from Bandung.
     After we reached the place. We looked for haotel to put our travel bags.
     We spent the time in Yogyakarta for three days. Finally, we wait to go to school tomorrow to tell ing story to my friends.
    
                                                                                  Love

                                                                                 
                                                                                  Tanti

-  Siswa diminta untuk membuat sebuah surat sederhana tentag “Holidays”, dengan menggunakan temporal conjunction seperti: Firts, Second, Then, After that, dan Finally.
v Kegiatan Akhir
-  Tanya jawab:
Do you fell it difficult?
-  Siswa di minta untuk mengulang / mempraktekkannya kepada teman.

VIII.                         Penilaian                     :
1.      Bentuk Instrumen :
Grammar
2.      Kegiatan siswa dalam menulis.



PPL




..........................................
Nim : ..............................
 

                                         
SMP NEGERI .... Langsa
Kepala Sekolah




................................................
Nip: ............................................

 

Guru Pamong




.............................................
Nip........................................

                                                                                                  

                                                                                      



SMP                              : SMP Negeri ..... Langsa
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas / Semester            : IX / Ganjil

Standar Kompetensi               : 2 Listening.
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar                   : 2.1 Merespon makna yang dapat dalam teks lisan fungsional          pendek sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
                                                2.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan teks berbentuk procedure.
Indikator                                 : a.  Mejawab pertanyaan berdasarkan informasi yang ada dalam    teks lisan.
                                                  b.  Melengkapi dialog dengan informasi yang ada dalam teks lisan.
                                                  c.  Melenkapi teks procedure dan tim signal yang benar.
                                                  d.  Mengucapkan dan mencari arti dari kata-kata yang di berikan.
                                                  e.  Menyusun gambar dengan  informasi yang ada dalam teks.
                                                  f.  Membetulkan pertanyaan yang salah berdasarkan informasi dalam teks lisan.
                                                 g. Menceritakan pertanyaan yang salah berdasarkan informasi dalam teks lisan.
                                                 h. Menceritakan kembali sebuah proses yang di dengar teks lisan.

I.     Tujuan Pembelajaran            :   a. Siswa dapat  Mejawab pertanyaan berdasarkan informasi                   yang ada dalam teks lisan.
                                                    b. Siswa dapat Melengkapi dialog dengan informasi yang ada dalam teks lisan.
                                                    c. Siswa dapat Melenkapi teks procedure dan tim signal yang benar.
                                                    d. Siswa dapat Mengucapkan dan mencari arti dari kata-kata yang di berikan.
                                                    e.  Siswa dapat Menyusun gambar dengan  informasi yang ada dalam teks.
                                                         f. Siswa dapat Membetulkan pertanyaan yang salah berdasarkan informasi dalam teks lisan.
                                                    g. Siswa dapat Menceritakan pertanyaan yang salah  berdasarkan informasi dalam teks lisan.
                                                    h. Siswa dapat Menceritakan kembali sebuah proses yang di dengar teks lisan.

 II. Materi Pembelajaran           :  a. Topik                   : How do you reach the pleace?
 b. Sumber                : Unit 3/Halaman 36-48
 c. Alat Peraga          : Gmbar, tabel, dan teks tulis.
 d. Grammar             : Transition Signals

III. Alokasi Waktu                   : 8 x 40 menit
IV. Metode pembelajaran        : CTL (Contextual Taeching and Learning)
IV.  Langkah-langkah (skenario) kegiatan pembelajaran:
v  Kegiatan Inti:
·  Tanya jawab dengan materi pada Activity 1
1.    Have you had an unforgettable holiday in your live?
2.    Where did you go?
3.    How did you get there?
4.    What steps did you prepare before you went to that place?
5.    What stepsdid you prepare when you got back from that pleace?

v  Kegiatan inti:
1. Siswa mendengarkan informasi lisan, kemudian melengkapi dialog yangdi berikan pada activity 2 dengan informasi dari teks lain.

Dewi           :  hai, Doni. How are you?
 Doni           : Hi, Dewi. I am fine. I just came from 1) __________.
 Dewi          : 2)  _________? Wow, I am sure it must be 3) ________.
 Doni           : Yes of course.
 Dewi          : Where did you 4) _____?
 Doni           : I went to Muara Takus Temple.
 Dewi          : Where is it? Is it in Sumatra?
 Doni           : Yes, it i. It’s in 5) _______.
 Dewi          : Who did you go with?
 Doni           : I went Muara Takus Temple with my family.
 Dewi          : How did you go there?
    Doni              : By plane, I ‘ll tell the story after school, Ok? Now, let’s go to the class.  The bell has rung.
    Dew              : OK.

Key Answer:
1. My holiday
2. Did you
3. Fun
4. Go
5. Riau

2. Activity 3. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan dialog yang telah di lengkapinya.
Aswer the following questions based on the completed dialogue.

1)   Who are talking about haliday?
2)   Who spent holiday in Muara Takus Temple?
3)   Where is Muara Takus Temple?
4)   Have you been there?
5)   If you have, how did you get there?

3. Siswa melengkapi teks yang di berikan pada activity 4 dengan kata-kata yang di  sediakan.
Fill in following blanks with a appropriate transation signal grammar vie you’ve just learned.
This is the  way to used computerezed card catalog.1) _________ type in your topic in The computer 2)______press the return key. The computer wiil search its databaseof magrazine and jurnals and will give you a list of all the articles related to the topic you have.3) _________ yuo can choose which ones you want to look up. 4) _________ you can print out the listen og citations.

                                                        Adapted from Ready to Write More, 2003
4. Activity 5. Siswa mendengarkan  teks procedure lisan, kemudian menuliskan semua transation signal yang  ada dalam teks.

How to Reach Kampar
Fly to Pekan Baru to then, choose a Hotel to stay. There are some five-star and also justmine Class. The Hotel tariff is cheap, Compared to other cities. For backpackers,pekan baru is  the nice place because you can spend a little for  daily demands.
Next  you may choose rental cars or public transport to go to Kampar. The boundary between Pekan Baru and Kampar is so close. It is much better to rent a car since the routes to the tourist destinations are  not on the same routes. And even, at some tourist object, it is difficult to get public transport. You will spend much money and time if no renting cars or motorcycles. To make your trip maximal youare advised to visit Riau Tourism office. They provide information about tourist distinations, starring from tourist guide book and etc. have a nice trip.
                                                                                Take from: Inside Sumatra, 2006

5. siswa mendasarkan kembali teks lisan pada task activity 5, kemudian menjawab pertanyaan yang di berikan.
1.    Where do you first if you want to reach Kampar?
2.    Then, what  they second step?
3.    Is there any cheap hotels?
4.    What is the last think to do to make your trip easir?

6. siswa mendengarkan kembali  teks lisan pada activity 5, kemudian menulis temat-tempat yang disebutkan dalam teks.

7. siswa mendiskusikan materi yang diberikan pada activity 8.
You will have an oral text. Discuaa these first. Pronounce these words or phrases, then find the meaning of them.
a. Verbs
§ Slince
§ Roll
§ Fry
§ Sprinkle
§ Heat
§ Check

B. Nouns / Noun Phrase
§ Thin slince
§ Frying oil
§ Frying pan
§ Step
§ Top

c. Preposition
§ In
§ On
§ Until
d. Time signals
§ Firts
§ After that
§ Then
8. Siswa mempelajari gambar pada activity 9, kemudian menjawab pertanyaan yang di berikan.
Question
1.    What do you think they are?
2.    What makes you think so?
3.    What are they doing?
4.    When you want to offer food to a  friend, do you usually buy it or make it by yourself?
5.    If you do, what kind of food you can make?
6.    What do  you need to make it?
7.    And how do you make it?

9. Siswa mendenga kan teks lisan, kemudian mengerjakan tugas pada activity 10, 11, 12, 13, dan 14.

Activity 10 dan13.

How To Make Fried Bananas
Ratna meets her mother  in the kitchen. She is making something there.

Ratna      : What are you doing, Mom?
Mother    : I’m making fried banana.
Ratna      : That’s great. I love fried  banana.
Mother    : Of course you do. But you do not know how to make it, don’t you?
Ratna      : Hmmm.... no. can you tell me please?
Mother  : Ok. Making fried  banana is very easy. What you need is some good banana, some frying oil, and some flour.
Ratna     : Pardon? Did you say flower?
Mother   : Flour not flower like ros.
Ratna     : Oh, I see.
Mother   : Now check the step of to make it. Firts slice the  bananas into thin slice, then heat the frying oil on a frying pan. After that, roll the bananas in  flour. Then fry them until they turn brown.  If you like, you can sprinkle some sugar on  top.

Activity 11.
All these statements are not true according to the text. Listen to the text once again, then give the correct version based on the informasion in the text.
Remember to read all the statements first.

1.    There are three persons in the dialogue,  Ratna, her sister, and her mother.
_____________________________________________________________
2.  Ratna meets her mother in the  living room.
       ______________________________________________________________
3.  Ratna is making fried  banana.
      _______________________________________________________________
4.  Ratna doesn’t r eally like fried  banana.
     ________________________________________________________________
5.  Making fried  bananas is not simple.
      ________________________________________________________________
6.  What we need to make fried  bananas is bananas and fluor.
      ________________________________________________________________
7.  The first step is put a frying pan on  the  stove.
      ________________________________________________________________
8.  These scond step is to fry bananas.
      ________________________________________________________________
9.  The fried  bananas are done they turn yellow.
      ________________________________________________________________
10.  You must sprinkle some sugar before you ear  fried  bananas.
       ________________________________________________________________
Activity 13.
You teacher or your fried will read the text once again. Retell the proces of how to make fried  bananas.
Making fried bananas.
a. The materials:
Ø  _____________________________________________________
Ø  _____________________________________________________
Ø  _____________________________________________________
Ø  _____________________________________________________
b. The step:
Ø  _____________________________________________________
Ø  _____________________________________________________
Ø  _____________________________________________________
Ø  _____________________________________________________


Activity  14.
Resive the process by adding time signals like firts, then anad then, after that.
Then, retell the process again. You can begin like this.
Making fried  bananas.

Dear friends, when you need a delicious snack, you can try fried bananas.
The materials you needto make this snack is ____________________________
If the materials are ready,  follow these step:________________________________
First, _____________________________________________________________
Then. ____________________________________________________________
Aftter that, ________________________________________________________

10. Siswa mempelajari gambar pada Task 15,  kemudian mengerjakan tugas pada activity 15, 16, 17, dan 18.
Activity 15.

Making Ice Lemon Tea

When you want to offer a drink to your friend, it’s better if you can make it yourself.
Why? Because you can save a lot of money. This shows you how to make ice lemon tea.
All you need is a glass of  tea, 2 teaspoonful of sugar, ice cubes, ans a slice of lemon.
Here are  the step of how to make the ice lemon tea.
First, make   a  glass of tea. Make the tea a little bit stronger because when you add the lemon it will get thinner. Then, pour the sugar into the glass. And then, stir the mixture well.
Finally, add some ice cubes into the mixture. Enjoy your nutritious drink for one person.

 Activity 16.
Read your sentence from 1 TO 6. You can begin like this.

Making Ice Lemon Tea.
When you are thirst and want a fresh drink, try this one.
You need


If the materials are ready, follow these step:

First,



Activity 17
Make a summary of your work.
Goal:_____________________________________________________________
Materials: 1. _______________________________________________________
                 2. ______________________________________________________
                  3. ____________________________________________________
  Step:          1. ______________________________________________________
                    2. _______________________________________________________
                    3. _____________________________________________________
Activity 18
Do this in groups.
1. What sentences structure does the text use? Present simple or past simple? Give an example.
2. List all the verbs in the text.
      ________________________________________________________________
3.  List all the nouns in the text.
      _____________________________________________________________
4. List tehe signal words in the text.
     _____________________________________________________________

v Kegiatan Akhir:
·      Siswa diminta untuk mencari teks-teks yang ber bntuk procedure, kemudian menuliskan semua kata kerja yang di gunakan.

V.  Penilaian                             :
 a. Notes
 b. Bentuk instrument
     1. Performance        2. Penugasan
 c. Pengukuran kemampuan siswa
     1. Pengerjaan tugas 
     2. Keaktifan dalam  kerja kelompok

Rubik Penilain
No
Uraian
Skor
1.
Setiap jawaban yang benar
10
2.
Tidak menjawab
0
\

PPL




.........................................
Nim : ...........................

                                       

SMP NEGERI ....... Langsa
Kepala Sekolah




..................................................
Nip: .......................................

Guru Pamong




................................................
Nip...........................................








SMP                              : SMP Negeri ... Langsa
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas / Semester            : IX / Ganjil

Standar Kompete                : 4. Speaking
                   Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsioanal dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar             : 4.2 Mengungkapkan makna dalam monolok pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa secara akurat,  lancar, dan berterima, untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure.
Indikator                            :  a.  Mengungkapkan setiap kata baru dengan tekanan dan intonasi yang benar.
                                               b.  Membuat dialog sederhana tentang membuat sesuatu sendiri  dan mempresentasikannya.
                                               c.  Melakukan tanya jawab tentang petunjuk arah ajalan.
                                               d.  Menceritakan sebuah proses berdasarkan panduan.
                                               e.  Menceritakan sebuah proses berdasarkan pengalaman sendiri.         

I. Tujuan Pembelajaran      : a.  Siswa dapat Mengungkapkan setiap kata baru dengan tekanan     dan intonasi yang benar.
b. Siswa dapat Membuat dialog sederhana tentang membuat   sesuatu sendiri  dan mempresentasikannya.
c.   Siswa dapat Melakukan tanya jawab tentang petunjuk arah jalan.
d.   Siswa dapat Menceritakan sebuah proses berdasarkan panduan.
e.  Siswa dapat Menceritakan sebuah proses berdasarkan pengalaman sendiri.

II. Materi Pembelajaran      :  a. Topic                         :  How Do You Read the Place
b. Sumber                      :  Unit 3 / Halaman 48-46
c. Alat Bantu                 :  Gambar, peta
d.  Language Function   :  Expressions showing attention, pride, and asking repetition.
III. Alokasi Waktu              :  4 x 40 menit
IV. Metode Pembelajaran   :  Model Pembelajaran Think pair and share.
V. Lngkah- langkag (skenario) kegiatan pembelajaran :
v Kegiatan awal
·      Tanya jawab secara lisan dengan materi
Pertnyaan pada activity 24.
1.      Do you like ice cream?
2.      What kind of ice cream do like best?
3.      Can you make your own ice cream?
4.      How many steps are there?
5.      Write an explanation on how to make your own ice cream?
Pada activity 25,

Activity 25.
Read and practice the following dialogue. Then, act it out to the class.
Mother explains ira how to make sour sop sherbet ( es krim sirsak)
Ira          : It’s so  hot today, Mom.
Mother   : Yeah, it is. Everyday is always hot now, Honey.
Ira          :  Mum, I want some ice cream. Can I buy some ice cream at the mini market in front of our house?
Mother  : Honey, there is a sour sop in our kitchen. What about making some sour sop ice cream?
Ira           : Wow! Itmust be delicious, Mum.
Mother   : OK. Let’s go to the kitchen and start to make it.
Ira          : OK. Mum.

Activity 26.
Answer the questions based on the dialogue in Activity 25.
1. Who wants some ice cream?
2. What is in the kitchen?
3. Who will make the ice cream?
4. Do you know how to make sour sop ice cream?

·      Siswa membacakan dialog pada Activity 27.
Activity 27,
Now, practice the following dialogue. The dialogue shoes you how to make soursop sherbet / ice cream.

Mother and ira are now in the kitchen.
Ira        : Ok. Mum. Where do we star?
Mother : Be patient, Honey. Frist, we have to prepare the ingredients of the ice cream.
Ira        : What are they, Mum?
Mother: Let’s see. They are 400 grams sour sop. They have  to be peepled and seeded.         Then, prepare 250 ml sugar syrup and 15 ml freshly squeezed llime juice. Finally, lightly whisked 1 / 2 egg white.
Ira        : That sounds easy, Mum. All of the ingredients are in our kitchen.
Mother: Yes, There are. Now, let’s star how to make this ice cream.  First, combine the    sour sop, sugar syrup, and lime juice in a blender and puree for 2-3 minutes. Then, pour the mixture into a bowl.
Ira        : Ok. Mum. Then, wahat steps after this mixture?
Mother: Next stepis mixing in the egg white with a whisk. After that, put the mixture in                an electric  ice cream mavhine and freeze for approximately 20 menutes.
Ira        : Youare great, Mum. It’s so easy to make this ice cream.

·      Activity 28.
Siswa membuat monolog pendek tentang makana yang biasa di buat   ibunya.

·      Activity 29.
Siswa membuat monolog pendek tentang membuat makanan favoritnya.

·      Siswa mempalajari dialog tentang melakukan sesuatu,

·      Activity 31.
Siswa membuat dan mengucapakan kalimat yang mereka susun berdasarkan  tabel yang disediakan.

Activity 31.
Create sentence from this table. Then, read them aloud.
I’d like some information on
Making a dress
Fixing a toy car
How to make a dress
How to fix a toy car
How to make a paper helicopter
How to prit a document
How to send SMS

Can you tell me
How to make a dress?
How to fix a toy car?
How to make a paper helicopter?
How to print a document?
How to send SMS?

·      Siswa membahas materi pada Activity 32 dan mengerjakan tugas pada activity 33, 34, 35.
Activity 32
Giving directions. When you explain to someone how to get to a certain place you will give  directions. Study the following list of verbs for giving directions and find some other verbs yourself.
Ø  Go straight along this road.
Ø  Walk along this road
Ø  Turn / right.
Ø  Walk across _______ street.
Ø  Go along the cross road.
Ø  ___________________
Ø  ___________________
Ø  ___________________
Ø  ___________________
Ø  __________________

Activity 33.
Activity 34.
Make questions and answers on how to get to a certain place.

Activity 35.
·      Siswa mempelajari gambar pada Activity 36 dan mengerjakan tugas pada activity 37, 38, 39.

v Kegiatan Akhir

·      Siswa di tugaskan untuk menyusun sebuah laporan tentang membuat atau melakukan sesuatu berdasarkan  pengalaman sendiri, misalnya bagaimana membuat makanan kesukaan atau bagaimana memperbaiki sesuatu. Kemudian di presentasikan.



VI.  Penilaian             :
      a. Notes
      b. Bentuk instrument
              1. Performance        2. Penugasan
      c. Pengukuran kemajuan siswa.
              1. Pengerjaan tugas  2. Keaktifan dalam kelompok.




SMP NEGERI ....Langsa
Kepala Sekolah




..................................................
Nip: .........................................

Guru Pamong




....................................................
Nip.................................................

PPL




.........................................
Nim : ................................

 


 

SMP                               : SMP Negeri .... Langsa
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas/Semester              : IX / Ganjil.

Standar kompetensi              :  6. Writing
                                                  Mengungkapakan makna dalam teks tulis fungsionala dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi  dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar                : 6.1 Mengungkapkan makna dan langkahretorika dalam esei     pendek sederhana  dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks  kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report.
Indikator                               : a. Menyusun kalimat menjadi paragraph sederhana berbentuk prosedur berdasarkan ilustrasi yang di berikan.
                                               b. mempergunakan time signal dalam paragraph berbentuk procedure.
                                               c.  Menyusun paragraph berbentuk procedure berdasarkan ilustrasi dan kata-kata yang diberikan.
                                               d. Menuliskan hal-hal penting dalam sebuah teks berbentuk prosedur.
                                             e.  Menuliskan kebiasaan sendiri berdasarkan contoh.

I. Tujuan Pembelajaran         : a. Siswa dapat menyusun kalimat menjadi paragraph sederhana berbentuk prosedur berdasarkan ilustrasi yang di berikan.
                                               b. Siswa dapat mempergunakan time signal dalam paragraph berbentuk procedure.
                                             c. Siswa dapat menyusun paragraph berbentuk procedure berdasarkan ilustrasi dan kata-kata yang diberikan.
                                               d. Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dalam sebuah teks berbentuk prosedur.
                                               e.  Siswa  dapat menuliskan kebiasaan sendiri berdasarkan contoh.
II. Materi pembelajaran         :  a. Topic             : How do you Reach The Place?
 b. Sumber        : Unit 3 / Halaman 59-65
 c. Alat Bantu    : Teks tulis, gambar.

III. Alokasi Waktu                :  4 x 40 menute

IV. Metode Pembelajaran     :  Model pembelajaran pengajaran langsung ( explicit instruction).
V. Langkah-lankah (Skanario) kegiatan pembelajaran:
v  Kegiatan Awal
·      Tanya jawab dengan materi pada activity 46.
1)   Had you ever made an experiment at  home?
2)   What kind of experiment was it?
3)   Was it succeed?
v Kegiatan inti
·      Activity 47.
Siswa mempelajari gambar dan data-data yang disediakan, kemudian menyusun kalimat sesuai dengan ilustrasi yang diberikan pada activity 48.

Activity 47.
Study the following text and pictures.

Making changes
You can changes picture from one from to another by making molecules speed up and slow down. This picture will show you how.
To do these experience size:
1)   3 glasses of the some size
2)   2 ice cubes
3)   A pan
4)   Some cold better
5)   Hot water
6)   A coin
7)   A jar lid
Make sure the glasses are the same temperature as the  room. Put an ice cube in the firsr glass, a small piece of butter in the second glass, and a coin in the third glass. Now leave the glasses for twenty to thirty minutes.
Which  of the threematerial has melted?
At room temperature some  of the ice cube melts. The butter doesn’t melt, but it gets   softer. The coin doesn’t change.
Next, pour hot water to a depth of 2 ½ cm into the pan. Set the glasses in the pan and   leave them for ten menutes. What change’s do you see?
The hot  water make the molecules speed up. Much more of the ice cube melts. The butter melts, too. But the atoms in the coin don’t speed up much, so it doesn’t melt. Now fill one glass half full with hot water. Set the jar lid on the glass, upside down. Then place in ice cube on the lid. After five minutes, remove the ice cube and carefully remove the lid. What do you see on the side that covered the glass?
There are drops of water on the lid. Some molecules in the hot water changed to gas. But when they hit the cold lid, they slowed down, condensed, and  became a liquid again.
Activity 48
Work in groups. Arrange the following steps based on activity 47.
1)   At room temperature, some of the ice cubes melt.
2)   Put an ice in the first glass, a small piece of butter in the second glass, and the coin in the thrid glass.
3)   Make sure the glasses are the same temperature as the room.
4)   Leave the glass for twenty to thirty minutes.
5)   The butter doesn’t melt, but it gets softer
6)   The coin doesn’t change.

·      Siswa menyusun sebuah paragraph berbentuk procedure dengan menggunakan kalimat pannduan yang diberikan pada Activity 49.

Activity 49.
When you give instruction to some one, you need to make a list of the steps in the process. Then you should arrange the steps in the p[rocess. Then, you should arrange the steps according to time order.

Arrange the following instructions. They show you how to take a good picture of a cat.
a.    When she wakes up, get in position and have you came ready.
b.    When she is full, move your cat to a sunny window.
c.    Give  your cat somethink to eat
d.    Take the picture as she yawns amd scrathches.
e.    Rub your until she falls asleep.
The correct arrangement is: 1. 2. 3. 4. 5
·      Siswa menulis ulang tulisannya dengan menambahkan tujuan pada activity 50 dan time signal pada Activity 51.
·      Siswa melakukan  hal senada dengan materi yang diberikan pada Activity 52 dan 53.
Activity 52.
Following the steps above, do this exercise. Arrange these instructions.
a.    Put your photo on the application form.
b.    Find the driving license section.
c.    Go to yhe police station.
d.    When the pass the test, you’ll have the driving license.
e.    Fill out an application form.

·      Siswa mempelajari gambar pada Activity 59, kemudian menulis kalimat perintah sesuai dengan gambar tersebut.
·      Siswa menyusun sendiri kalimat perintah dalam melakukan sesuatu dengan  topic sendiri atau topic yang disediakan pada Activity 55.
Activity 55.
Make your own instructions on doing something. Write your instruction in the form of a paragraph. Then, present it in front of the class. You can choose any topic you like or you know well. Here are some alternatives,
a.    How to make a glass of coffe.
b.    How to clean a room.
c.    How to wash a car.
d.    How to write a letter, etc.

·      Activity 56. Siswa menyusun resep makanan dan mengisi tabel yang disediakan.
·      Activity 57. Siswa mempresentasikannya.

v  Kegiatan Akhir
·      Siswa diminta untuk mencari teks-teks yang berbentuk procedure kemudian pada pertemuan berikutnya didiskkusikan atau dipresentasikan.


VI. Penilaian                         :
        a. Notes.
        b. Bentuk instrument
            1. performance  2. Penugasan.
        c. Pengukuran kemajuan siswa.
            1. Fluency, Accuracy   2. Keaktifan dalam kelompok


PPL




..........................................
Nim : ..............................

 


SMP NEGERI ... Langsa
Kepala Sekolah




..............................................
Nip: ......................................


Guru Pamong




....................................................
Nip..............................................

 
 



SMP                               : SMP Negeri ..... Langsa
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas/Semester              : IX / Ganjil.
 Standar kompetensi                : 2. Listening
                                                    Memahami makna dalam  teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar                   : 2.2 Merespon makna yang  terdapat dalam menolog pendek      sederhana secara akurat, Lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalm teks berbentuk dan report.
Indikator                                   : a. Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang ada dalam    teks lisan.
                                                     b. Melengkapi dialog dengan informasi yang ada dalam teks    lisan.
                                                   c.   Menyusun kata menjadi kalimat.
                                                   d.   Melengkapi kalimat dengan adjective pronoun yang sesuai.

I.  Tujuan Pembelajaran            :   a.  Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang ada dalam    teks lisan.
 b. Siswa dapat Melengkapi dialog dengan informasi yang ada dalam teks    lisan.
 c.   Siswa dapat Menyusun kata menjadi kalimat.
 d. Siswa dapat Melengkapi kalimat dengan adjective pronoun yang sesuai.

II. Materi Pembelajaran            : a. Topic         : I’ve Got Hot news
                                                  b.  Sumber      : Unit 4 / Halaman 68-71
                                                  c.  Alat Bantu : Gambar, tabel, dan teks, tertulis.
                                                  d.  Grammar   : Adjective clauses.

III. Alokasi Waktu                   : 4 x 40 menit
IV. Metode Pembelajaran                    : CTL (Contextual Teaching Learning)
V. Langkah-langkah (skenario) Kegiatan Pembelajaran:
v Kegiatan Awal:
·      Tanya jawab dengan materi pada Activity 1.
1.  Where do you get most of your news:
a.    TV?
b.    Newspaper?
c.    Radio?
d.    Magazine?
2.  In your opinion, how to important are newspaper to your life?
3. How many  days in a week do you read newspaper?
v Kegiatan Inti:
·      Activity 2. Mengidentifikasi informasi yang da dalam teks lisan, kemudian menyesuaikan gambar pada Activity 3 dengan informasi dalam teks lisan.

Activity 2 dan 3.

Magazine          : It is a colection of articless or stories or both published at regular interval.
Computer            : It is a machine that works with information at great speeds. The informa-tion s may include video games, movie, and sounds.
Television           :  It is one of our most inportant ways  of getting entertaiment and informa-tion.
Radio                  :  It is a machine that send or receives the sounds.
Newspapere        :  It is a printed pablication, issued daily or weekly, with news, adverte-ments, etc.
Fax                      :  It is a mechine that sends and receives written words pictures over telephone ilnes.

·      Activity 4. Mendengar dialog  lisan dan jwab pertanyaan.

Question:
1.    What does Rita ask Nina to do?
2.    What is Rita watching on telivision?
3.    Who will get married?
4.    Is the information that Rita says true or not?
5.    How do you know?

·      Activity 5. Mengidentifikasi informasi yang ada dalam teks lisan, kemudian menyesuaikan gambar.

Activity 5
1.    Rita is watching the news on the television.
2.    Tia is reading a magazine.
3.    Mrs. Adreson is reading is newspaper.
4.    Norma is chatting online with his friend.
5.    John is doing his work on the computer.
6.    Donnis is sending fax to his grandmaother.
7.    Susan is arguing with Arman.
8.    Ann  is doing some exercise in front of TV.

·      Activity 6. Mengidentifikasi informasi yang ada dalam teks lisan, kemudian menen tukan  benar atau salah pernyataan yang diberikan.
Activity 6:
1.    Communication is not really import today.
2.    Telephone is one of manycommunication tools in this world.
3.    People find the difficulty of communication.

·      Mendiskusikan materi tentang  adjective clause dan dan mengerjakan tugas pada activity 7 dan 8.

Activity7:
Arrange these words into sentence. Begin with the words in capitals
1.    Which / the  music /  we / listened / wasn’t / good / last night.
2.    The boy / is watching / who / who / television / my cousin / is
3.    We / aet / the food / that / is / delicious.
4.    That / we  bought / the television / was / expensive / yesterday
5.    We / like / is wonderful / the program / which.
Key answer:
1.    The music is which we listen last night wasn’t good.
2.    The boy who iswatching television is my cousin
3.    The food taht we eat is delicious
4.    The television taht we bought yesterday was expensive.
5.    The program which we like is wonderful.

Activity 8:
Fill in the balnks inthe following sentence with who, which, or that. These may be more than one possiblity.
1.    The girl _______ called me this morning is my best friend.
2.    The magazines ________ I read were good.
3.    The picture ________ she was looking at was beautiful.
4.    The man ________ is standing over there is my father.
5.    The guy ________ always listens to the radio is my friend.

Key answeer.
1.    Who         
2.    Which
3.    That
4.    Which
5.    Who


·      Activity 9. Siswa mendengarkan teks dan menentukan benar atau salah pernyataan yang diberikan.

Activity 9:
1.     Do you know what communication means? Let me tell you, communication means to give or exchange informasion, news, ideas, or massages by speech or writing.
2. And what is communication itself? You know, communication is the sending of information from one person to another, or the exchange of such information between people.
3. How the people keep in touch? The mean way  people   keep in touch which one another is by speaking. Two people can communicate in this way when they are near to one another.
4.  Do you know what hot news is? Nowadays, we can news electronic instruments like telephone, and television as a means of communication.
5.  Tell me how if we don’t have telephone or radio. We can still communication.
6. When did writing begin? Writing began when mean use pictures to show their thoughts to others. Nowadays, wriring has become a very vital means of communication. Newspaper, magazines, books, and other printed materials use writing.

Activity 9
You are going to listen to a text about communication. Listen to the next carefully. Decide whether  the following statements are true or false based on the text.

1.    Communication means to exchange information, ideas, news, or messages.
2.    The way people exchange information is only by speaking.
3.    Speaking is the main way for people is exchange information.
4.    People can’t communicate nowadays.
5.    Television can’t be used as a means of communication.
Key Answer:

1.    T
2.    F
3.    F
4.    F
5.    F

·      Mengidentifikasi informasi lisan dan memilih kata yang benar dari 2 kata yang diberikan sesuai dengan informasi dalam teks lisan.
·      Bacakan text lisan, siswa mengisi tabel pada Activity 10.

Activity 10:
Listgen to your teacher. Then, choose the correct word he or she pronounces.
1.    ( ) gift
( ) given
2.    ( ) words
( ) world

3.  ( ) two
     ( ) to

4.  ( ) steal
     ( ) still

5.  ( ) saw
     ( ) show

Key answewr
1. Gift                  2. World      3. Two           4. Still  5. Show.

v Kegiatan Akhir:
·      Siswa diminta untuk menuliskan adjectiveclause dan menjelaskan mana main cluse dan mana indenpendent clausesnya.
VI. Penilaian:
a.       Nontes
b.      Bentuk instrument
1.Performance 2. Penugasan
 C.   Pengukuran Kemajuan Siswa.
       1. Pengerjaan tugas      2. Keaktifan dalam kelompok.

PPL




..........................................
Nim : ..............................

 


SMP NEGERI ... Langsa
Kepala Sekolah




..............................................
Nip: ......................................


Guru Pamong




....................................................
Nip..............................................

 




SMP                               : SMP Negeri ...Langsa
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas/Semester              : IX / Ganjil.
Standar Kompetensi                 : 4. Speaking
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure untuk beriteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar                   : 4.2. Mengungkapkan makna dalam mnonolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima, untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure.
Indikator                                 :a. Mengungkapkan setiap kata baru dengan tekanan dan intonasi yang benar.
                                                 b. Membuat dialogue dan memprakteknya kedepan kelas.
                                                 c. Melakukan tanya jawab tentang petunjuk arah jalan.
I. Tujuan Pembelajaran            : Setelah pembelajaran siswa mampu :
a.  Mengucapkan kata baru dengan tekanan dan intonasi yang benar.
b. Melakukan tanya jawab tentang petunjuk arah jalan.
c.  Membuat dialogue tentang menanyakan dan menunjuk arah jalan.
II. Materi Pembelajaran            : a. Topik                     : How do you reach the place
b. Sumber                   : Unit 4 / Internet
c. Alat bantu               : Gambar
d. Language function : Expression asking and giving direction

III. Alokasi Waktu                   : 4 x 40 Menit
IV. Metode Pembelajaran                    : Suggectopedia
V. Langkah-langkah (skenario) kegiatan pembelajaran
v Kegiatan awal
·      Greeting
·      Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik atau tema

v Kegiatan inti
·      Guru memberikan instruksi kepada siswa.
·      Siswa mendengarkan instruksi yang disampaikan oleh guru.
·      Guru memanggil 5 (lima) orang siswa kedepan sebagai volunteer.
·      Guru memberi instruksi kepada 5 (lima) volunteer untuk memainkan peran.
·      Siswa memainkan peran berdasarkan instruksi dari guru.
·      Guru menjelaskan tentang kata-kata yang digunakan dalam percakapan yang telah disediakan.
·      Guru menjelaskan “How to asking and giving direction?”
·      Guru meminta siswa untuk membuat dialogue secara berpasangan dengan tema “How to reach place?”
·      Guru meminta siswa untuk mempraktekkan kedepan kelas.
·      Guru memuji siswa
Example :
Directions
Amelia   : hi Andre, where the right way to Cot Kala? Could you give me direction to Cot Kala?
Andre    : Oh, yeah, I’ll tell you, where the right way to Cot Kala? Now, listen to me, you can go ahead from here, and then you will find junction, and you turn left after than you go straight ahead until to go by bridge, and then, you find junction again and you can turn left, and straight and finally you turn right and straight and you will find it in front of cantin.
Amelia   : Oh.. Thanks for your information, I’ll go there now.
Andre    : Yeah, be careful on the way.
Amelia   : Ok, see you

v Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM.
·      Guru membuat kesimpulan tentang materi yang sudah diajarkan.
VI. Penilaian
a.       Bentuk Instrumen
1.    Perfomance
2.    Penugasan
b.      Pengukuran kemajuan siswa
1.    Pengerjaan tugas
2.    Keaktifan dalam kelompok
 
PPL




..........................................
Nim : ..............................

 


SMP NEGERI ... Langsa
Kepala Sekolah




..............................................
Nip: ......................................


Guru Pamong




....................................................
Nip..............................................






SMP                               : SMP Negeri ... Langsa
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas/Semester              : IX / Ganjil.
Standar Kompetensi              : 5. Reading
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar                : 5.3. Merespon makna dan langkah retorika dalam esai pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk report.
Indikator                               :   a. Mengidentifikasi generic structure teks berbentuk report.
                                                  b. Mengidentifikasi ide utama sebuah paragraph berbentuk report.
                                                 c. Mengidentifikasi ide pendukung tiap paragraph sebuah teks report.
                                                 d. Memperoleh informasi rinci dari teks yang diberikan.
                                                 e. Mencari makna kata, prasa atau kalimat dalam teks  dengan menjodohkan.
I. Tujuan Pembelajaran         :  a. Siswa dapat mengidentifikasi generic structure teks berbentuk report.
                                                 b. Siswa dapat mengidentifikasi ide utama sebuah paragraph berbentuk report.
                                                 c. Siswa dapat mengidentifikasi ide pendukung tiap paragraph sebuah teks report.
                                                 d. Siswa dapat memperoleh informasi rinci dari teks yang diberikan.
                                                 e. Siswa dapat mencari makna kata, prasa atau kalimat dalam teks  dengan menjodohkan.

II. Materi Pembelajaran         :  a. Topik                       : I’ve Got Hot News
                                                b. Sumber        : Unit 4 Halaman 76 -78
                                                c. Alat bantu    : Teks tulis

III.Waktu                              :  4 x 40 menit

IV.Metode Pembelajaran      :  Think pair and share

V. Langkah-langkah (Skenario) Kegiatan Pembelajaran :
v  Kegiatan Awal
·           Activity 19. Tanya Jawab
1.    Is there a television set your home?
2.    What time do you usually watch TV?
3.    Do you have a favorite TV channel? What channel?
4.    Do you enjoy listening to music on the radio?
5.    Do you think radio improves your knowledge as much as TV does?
v  Kegiatan Inti
1)   Activity 20 siswa membaca nyaring teks yang diberikan.
                              
                               Reading the following text carefully
General
General
Television or TV is one of our most important ways of getting entertaiment and information. TV bring moving picture and sound from around the world into million of homes.
Description
People with TV sets can stay at home and watch things that are going on all over the world. TV can make people see sports events like Olympic games. TV can make people see goverment leaders visiting other countries. TV also help viewers see and learn about people, place, and things in for away place. TV can event take people out of this world, as astronauts send pictures back from outer space.
People use TV for fun too. Many people enjoy TV entertaiment, such as adventure stories, comedy shows, cartoons, game shows, and movies.
TV wasnot the invention of one person. Many scientists helped make television possible. Experiments that led to television began in the 1800’s but TV did not come about until the 1920’s. The first television broadcast was made in 1936 by the British Broadcasting Corporation (BBC) in England.

2)   Siswa mendiskusikan kata-kata atau ungkapan yang sulit yang ada dalam teks.
3)   Siswa membaca dalam hati untuk memperoleh informasi yang diberikan.
4)   Siswa mengerjakan latihan yang diberikan pada Activity 21, 22, dan 23.

2)   Activity 21 :
In pairs, answer the following question based on the text.
1.      What is television?
2.      What can TV do for many people?
3.      Is TV only for fun? Why?
4.      When was the first television broadcast made?
5.      What is the main idea of the text?

3)   Activity 22 :
Which one of the following statements is true or false based on the text in Activity 20? Write T for true and F for false in your workbook. Correct the false statements. Work in pair.
1.      Television is the most important medium of entertainment.
2.      Television brings moving pictures and sound from around the world into millions of homes.
3.      Sport events can be seen on the television.
4.      Many people can only enjoy movies on the television.
5.      TV was the invention of one person.
6.      People watch TV only for fun.
7.      The first television broadcast was made in 1939 by the British Broadcasting Corporation (BBC).

4)   Activity 23 :
Find the meanings of the following words. Use your dictionary if necessary.
1.      Adventure        (n)
2.      Broadcast         (n)
3.      Entertainment   (n)
4.      Event               (n)
5.      Important         (adj)
6.      Invention         (n)
7.      Scientist           (n)

5)  Activity 24. Siswa mencari penjelasan dari kata-kata yang berkaitan dengan mass media dengan cara menjodohkan.

Activity 24:
Column A is a list of words related to mass media. Match them with their meanings in Column B.
Column A
Column B
1.      Reporter
2.      Advertisement
3.      Editor
4.      Program
5.      Photograph
6.      Columnist
7.      Headline
8.      Feature
9.      Subscriber
10.  Editorial

a.     A person who regularly writes for newspaper or magazine
b.     Television or radio broadcast
c.     A line at the top of page containing title
d.     Article in a newspaper living the editor’s opinion
e.     Special article in a newspaper
f.      Someone who pays money regularly to receive copies of a newspaper or magazine
g.     A person who edits a newspaper or magazines
h.     A person a report news for a newspaper or on radio or television
i.       Picture recorded by the action of light on film in a camera
j.       Notice in a newspaper, on television of something  for sale

-  Kegiatan akhir
1)      Siswa diminta untuk mencari teks-teks yang berbentuk report, kemudian pada pertemuan berikutnya didiskusikan atau dipresentasikan.

VI. Penilaian
a.       Notes
b.      Bentuk Instrumen
1. Perfomance 2. Penugasan
c.       Pengukuran kemajuan siswa
1. Fluency, Accuracy   2. Keaktifan dalam kelompok


 
PPL




..........................................
Nim : ..............................

 


SMP NEGERI ... Langsa
Kepala Sekolah




..............................................
Nip: ......................................


Guru Pamong




....................................................
Nip..............................................












SMP                              : SMP Negeri .... Langsa
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas / Semester            : IX / Ganjil

Stardar Kompetensi       : 6. Writing.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar         : 6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan mengunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan teks berbentuk report.
Indikator                        :  a.  Mendiskripsikan secara tertulis gambar yang di berikan.
b. Menulis paragraph sederhana tentang pengalaman berkunjung ke suatu tempat.
c.  Menyusun kalimat acak menjadi paragraph berbentuk report.
d.  Menulis kartu identitas.

I. Tujuan Pembelajaran  :  a.  Siswa dapat Mendiskripsikan secara tertulis gambar yang di berikan
b. Siswa dapat  Menulis paragraph sederhana tentang pengalaman berkunjung ke suatu tempat.
c.  Siswa dapat Menyusun kalimat acak menjadi paragraph berbentuk report.
d.  Siswa dapat Menulis kartu identitas.
II. Materi Pembelajaran  : a. Topik       :I’ve Got HOT News.
b. Sumber    : Unit 4 / Halaman 78-81.
c. Alat Bantu           :Teks tertulis, gambar, benda nyata seperti kartu angota.

III. Alokasi Waktu         : 4 x 40 menit
IV. Metode Pembelajaran        : Model pembelajaran pengajaran langsung.
V. Langkah-langkah (skenario) Kegiatan Pembelajaran:
v Kegiatan awal:
·      Activity 25. Tanya jawab.
1.    Do you know what the symbols represent?
2.    What do you think each symbol means?
3.    Where would you except too see each of these symbols?

v Kegiatan Inti:
·      Activity 26. Siswa mempelajari gambar yang di sediakan, kemudian menuliskan, maksud dari tanda gambar-gambar tersebut.
·      Activity 27. Siswa mempelajari  gamba yang disediakan, kemudian menulis jawaban dari pertanyaan yang di berikan.
Activity 27.
Work in pairs. Study the following texts. Then, answer the question based on the signs.
*    Manager only
*    Keep out
*    No smoking
*    Do not feed Animal

1.    Where do you usually find the simbols?
2.    What do you they mean? Write down their meaning.
3.    Do you find the same signs in your neighbourhood?
4.    What signs do you usuallly find in your neighbourhood?

·      Activity 28. Siswa mempelajari generic structure dari sebuah paragraph berbentuk report.

Activity 28.
Study the following the paragraphs.

General statements
  A radio can be played into an electrical outlet or get electrict power from batteries. The mean perts of a radio are the anntena, tuner and speaker.
   The antenna,or aerial, is a piece of wire of wire or metal. An antenna can pick up the radio waves. The antenna maybe inside the radio,or part of it maybe outside the radio,but connected to it.
Descriptions
A radio’s tuner lets the radio pick upSignals from induvidual radio stations. Difference radio stations give off different electric signals,called frequencies.
A radio’s speaker changes the electric signals  from a ststion back into the sounds that were broad  cast.

·      Siswa mengisi tabel tentang frequensi siswa dalam menggunakan mass media.
Acctivity 29.

Your friend’s name
television
radio
Newspaper
Internet
Magazine































·      Activity 30. Siswa menyusun kalimat-kalimat yang diberikan menjadi sebuah paragraph berbentuk report.

Activitty 30.
Arrange the following sentences into paragraph.
a.    The telephone is one of the most valuable ways of doing business and keping in touch.
b.    A person can telephone someone across the street or across the world in just a fwe seconds.
c.    The telephone is machinethat sends and receives voice message.
d.    But telephone send message with radio signals.
e.    Most telephone carry message through electric signals.

·      Activity 31. Siswa mendiskripsikan secara tertulis salah satu hasil karya seninya.
Activity 31.
Do these activities on your own.
1.    Choose your own artwork from your art class.
2.    Write a brief description about your work.

·      Siswa menulis paragraph tentang mass media  dengan structure yang diminta pada activity 32.
·      Siswa membaca sebuah pengumuman dan menjawab pertanyaan yang diberikan.
·      Siswa menulis paragraph sederhana dengan topik yang diberikan.

v Kegiatan Akhir:
·      Siswa diminta untuk mencari teks-teks yang berbentuk report, kemudian pada pertemuan berikutnya didiskudikan atau diprestasikan.
VI. Penilaian:
a.      Notes.
b.      Berbentuk Instrument
1.    Performance
2.    Penugasan.

c.      Pengukuran kemajuan siswa.
1.    Fluencey, accuracy
2.    Keaktifan dalam kelompok.
PPL




..........................................
Nim : ..............................

 


SMP NEGERI ... Langsa
Kepala Sekolah




..............................................
Nip: ......................................


Guru Pamong




....................................................
Nip..............................................


 
  


Silakan Di COPAS and Di edit (Saya Izinkan) dengan bahasa sendiri, ini bukan berarti saya melegalkan Plagiat, tapi ini hanya sekedar sharing ilmu dan tata cara buat LAPORAN HASIL PPL kalian. 






                                                                                                            
Previous
« Prev Post

Related Posts

Kamis, Mei 03, 2012

0 comments:

Posting Komentar